Pengaruh jumlah pendapatan asuransi dan risk based capital (RBC) terhadap laba perusahaan PT. Avrist Assurance Syariah periode 2013-2015

Nining, Maida (2017) Pengaruh jumlah pendapatan asuransi dan risk based capital (RBC) terhadap laba perusahaan PT. Avrist Assurance Syariah periode 2013-2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Pendapatan merupakan suatu objek utama sebuah perusahaan dalam memperoleh laba. Risk Based Capital adalah rasio solvabilitas untuk mengetahui kondisi kesehatan keuangan perusahaan asuransi untuk menghitung dan mengatasi resiko perusahaan asuransi dalam pengelolaan kekayaan dan kewajibannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya jumlah pendapatan asuransi tidak searah dengan jumlah laba yang didapatkan oleh perusahaan. Kemudian tingkat solvabilitas dan profitabilitas mempunyai keterkaitan satu dengan yang lainnya dimana profitabilitas akan menaikkan tingkat kesehatan perusahaan asuransi, demikian sebaliknya tingkat kesehatan perusahaan asuransi dengan metode Risk Based Capital akan berdampak terhadap laporan keuangan yaitu menambah laba perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asuransi secara parsial terhadap Laba Perusahaan, dan Risk Based Capital secara parsial terhadap Laba Perusahaan ataupun Pendapatan Asuransi dan Risk Based Capital secara simultan bersama-sama terhadap Laba Perusahaan di PT.Avrist Assurance Syariah Periode 2013-2015. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif,jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan publikasi pertriwulan PT.Avrist Assurance Syariah periode 2013-2015. Teknik analis yang digunakan secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simultan dengan analsisis regresi berganda, korelasi berganda dan uji F. Didukung dengan SPSS for Windows 16.0. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh kesimpulan berdasarkan hasil hipotesis yaitu : Pertama, pendapatan asuransi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan sebesar Thitung > Ttabel (4,8 > 2,228) secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 698 atau 69,8%. Kedua, Risk Based Capital (RBC) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Perusahaan sebesar Thitung < Ttabel (1,554 < 2,228) R square sebesar 194 atau 19,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Ketiga, secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Laba Perusahaan dan Risk Based Capital (RBC) terhadap Laba Perusahaan adalah 810 atau 81%, sedangkan sisanya 19% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (19,285 > 4,26) dengan tingkat signifikan 0,900%. Artinya, terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara Pendapatan Asuransi dan Risk Based Capital (RBC) terhadap Laba Perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendapatan asuransi; risk based capital; laba perusahaan
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 20 Feb 2020 07:48
Last Modified: 20 Feb 2020 07:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29702

Actions (login required)

View Item View Item