Konsep pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus: Analisis ilmu pendidikan Islam

Nurseha, Abdul Kosim (2019) Konsep pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus: Analisis ilmu pendidikan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Sejarah menunjukan bahwa perkembangan kegiatan kependidikan pada masa Islam klasik telah membawa Islam sebagai jembatan pengembangan keilmuan dari keilmuan klasik ke keilmuan modern. Namun generasi umat Islam seterusnya tidak mewarisi semangat ilmiah yang dimiliki oleh para pendahulunya. Pendidikan Islam akan selalu berkembang dan maju, dan di setiap eranya akan selalu ada perubahan, apakah perubahan tersebut dapat diterima dengan baik atau malah menjadi masalah yang mudah namun sulit di atasi. Dalam konteks ini permasalahan muncul menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan Islam, terutama masalah-masalah yang cukup kompleks seperti; tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan, metode, pendidik, dan evaluasi pendidikan Islam. Dalam hal ini, Mahmud Yunus menyikapi permasalahan-permasalahan Pendidikan Islam melalui konsep pendidikan Islam yang dirumuskannya, menurut Mahmud Yunus cara mengatasi hal tersebut yaitu dengan membuat suatu rencana dalam proses pendidikan Islam dengan memfokuskan pada perbaikan tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, metode, pendidik, dan evaluasi. Karena semua itu dapat memperbaiki kualitas mutu pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana konsep pendidikan Islam yang ditawarkan oleh Mahmud Yunus, dan bagaimana implementasinya konsep pendidikan Islam ini di madrasah. Secara sistematis, peneliti akan mengkaji beberapa hal penting mengenai perjalanan hidup dan pemikiran Mahmud Yunus yang berkaitan dengan konsep pendidikan Islam. Namun demi terukurnya analisis, peneliti terlebih dahulu mengkaji konsep pendidikan Islam dengan merujuk beberapa pendapat pakar pendidikan Islam. Dengan demikian peneliti akan menganalisis konsep pendidikan Islam Mahmud Yunus dengan ilmu pendidikan Islam sebagai patokannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek peneliti. Selanjutnya dalam pengumpulan datanya menggunakan studi pustaka yaitu teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan pada subjek penelitian melainkan melalui beberapa buku atau tulisan, majalah-majalah, dokumenter, dan sumber-sumber lainnya yang relevan. Hasil dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwasanya konsep pendidikan Islam yang ditawarkan oleh Mahmud Yunus dapat mengatasi permasalahan-permasalahan pendidikan Islam, dan dalam implementasinya di MA Miftahul Huda Karawang konsep pendidikan Islam Mahmud digunakan dan diimplementasikan seluruhnya baik dari tujuan pendidikan Islam berpatok pada pendidikan akhlak, kurikulum yang terintegrasi, metode yang selalu berkembang, pendidik yang harus mau belajar dengan kemajuan teknologi, dan dalam evaluasi harus menggunakan penilaian dengan huruf daripada menggunakan angka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep; Pendidikan; Islam; Mahmud Yunus;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Biography, Obituary
Biography, Obituary > Education and Research of Biography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Kosim Nurseha
Date Deposited: 02 Mar 2020 06:20
Last Modified: 02 Mar 2020 06:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29703

Actions (login required)

View Item View Item