Pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus di PT. United Tractors Tbk. Periode 2009-2018

Sugita, Erina Sri (2019) Pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus di PT. United Tractors Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal merupakan peningkatan investasi dari perekonomian di Indonesia pada era globalisasi. Seleksi saham khusus yang melalui penyaringan yaitu Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Informasi laporan keuangan salah satu faktor yang di pertimbangkan oleh investor untuk mengetahui kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan Price Earning Ratio. (PER) dan Net Profit Margin (NPM) dengan jumlah saham yang ada di perusahaan. Dalam hal ini, nilai saham dapat mereflek¬sikan investasi keuangan perusahaan dan kebijakan Dividen Payout Ratio (DPR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh Price Earning Ratio (PER) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada PT United Tractors secara parsial, (2) menganalisa pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada PT United Tractors secara parsial, (3) menganalisa pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada PT United Tractors secara simultan. Metode penelitian ini yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2009 – 2017. Tehnik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browsing dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial berpengaruh tidak signifikan antara Price Earning Ratio (PER) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan thitung < ttabel serta besar nilai koefisien determinasi sebesar 0,009 atau 0,9%. Pada variabel Net Profit Margin (NPM) secara parsial berpengaruh tidak signifikan antara Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan thitung < ttabel serta besar nilai koefisien determinasi sebesar 0,006 atau 0,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan diketahui bahwa Fhitung<Ftabel (0,364<4,74), maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya terdapat pengaruh tapi tidak signifikan antara Price Earning Ratio (PER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) secara simultan pada PT United Tractors Tbk. periode 2009-2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Price Earning Ratio (PER); Net Profit Margin (NPM); Dividen Payout Ratio (DPR);
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Erina Sri Sagita
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:16
Last Modified: 24 Feb 2020 03:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29722

Actions (login required)

View Item View Item