Pola komunikasi sosial remaja pengguna internet terhadap lingkungan sosial: Penelitian di Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Hayisani, Mr. Samree (2019) Pola komunikasi sosial remaja pengguna internet terhadap lingkungan sosial: Penelitian di Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia adalah makhluk yang dalam hidupnya saling membutuhkan satu sama lain. Manusia tidak dapat lepas dari komunikasi sesama manusia lainnya, segala macam cara manusia telah ciptakan untuk dapat tetap berkomunikasi. Manusia dapat berbicara dengan orang lain meski adanya perbedaan ruang dan waktu. Adanya internet telah menimbulkan adanya sebuah kelompok kecil dalam internet, internet telah mengakselerasi bermunculannya sebuah komunitas, dimana komunitas ini terbentuk dari dunia maya atau online melalui internet. Komunitas adalah forum diskusi online yang merupakan wadah untuk menjembatani kesamaan hobi, aktivitas, ataupun keinginan antar anggota. Terciptanya komunitas-komunitas tersebut membuat adanya pengaruh perilaku sosial para anggotanya. Perilaku sosial dalam komunitas pasti berbeda dengan yang tidak bergabung dengan komunitas, seperti perilaku dalam berinteraksi antar sesama anggota komunitas dengan yang tidak terbagung dengan komunitas akan berbeda karena tidak memilikinya aktivitas atau kesamaan hobbi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi realistis para komunitas pengguna internet di warnet Cipadung yang menyangkut adanya perilaku sosial masyarakat, yaitu: (1) Untuk mengetahui tentang komunitas netter di warnet Cipadung, (2) Untuk mengetahui terbentuknya sebuah komunitas netter di Cipadung, dan (3) Untuk mengetahui perilaku sosial komunitas netter di Cipadung. Untuk memperoleh data maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif yang sering disebut metode penelitian naturalistic karena penelitiannya dilakukan kondisi alamiah (natural setting) di warnet Cipadung. Untuk mengumpulkan data dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Perilaku sosial dalam komunitas itu diarahkan pada tujuan yang sama. Di samping itu, perilaku itu terjadi pada sesuatu yang digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan seperti alat (komputer, internet dan warnet). Dengan demikian, dalam perilaku tersebut dapat digambarkan yaitu individu sebagai pelaku dalam komunitas dengan alat (komputer/internet) yang ada akan mencapai tujuan dengan berbagai macam cara yang ada di dalam komunitas yang ada di internet. Hasil dari penelitian ini total jumlah komunitas yang ada di Cipadung ada 20 komunitas, peneliti mengambil 1 orang dari setiap perwakilan dari 20 komunitas tersebut. Dari 20 responden yang diwawancarai yang pengguna aktif mencapai 11 orang dan ikut dalam komunitas melebihi satu komunitas mencapai (9 orang laki-laki dan 2 orang perempuan) dan 9 orang pengguna, dan karakteristik dalam penggunaan internet didasarkan pada hiburan. Dan beberapa dampak negatif akibat adanya internet seperti penggunaan yang secara terus menerus sehingga melupakan dunia nyata dan melupakan tugas sekolah/kuliah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi sosial; remaja pengguna internet; lingkungan sosial;
Subjects: Social Groups
Social Groups > Social Classes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: mr.samree hayisani
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:30
Last Modified: 25 Feb 2020 03:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29750

Actions (login required)

View Item View Item