Penerapan metode permainan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa pada pokok bahasan uang: penelitian tindakan kelas di MIN Margasari Bandung

Yuliantini, Desrinawati (2010) Penerapan metode permainan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa pada pokok bahasan uang: penelitian tindakan kelas di MIN Margasari Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan matematika sekolah mengarah kepada upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami masalah matematika. Untuk meningkatkan keterampilan tersebut, pendidik selain harus mempertimbangkan strategi pembelajaran juga dituntut membangun motivasi siswa untuk belajar lebih giat, salah satunya dengan menerapkan metode permainan. Dipilihnay metode permainan karena karakteristik siswa yang di teliti adalah siswa MI yang secara umum masih menyukai permainan Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemahaman siswa setelah memperoleh pembelajaran matematika dengan mengunakan metode permainan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa III MIN Margasari Bandung, berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi yang meliputi aktivitas guru, pengelolaan pembelajaran, dan aktivitas siswa; tes untuk mengukur pemahaman matematik siswa Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas siswa pada proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik; rata-rata kemampuan pemahaman matematika siswa terus meningkat setiap siklusnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: uang; metode permainan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2017 10:31
Last Modified: 10 Sep 2018 07:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item