Respon mad’u terhadap media dakwah nonverbal: Analisis deskriptif respon pembeli terhadap media dakwah nonverbal di waroeng steak and shake Jatinangor

Astriani, Gita (2017) Respon mad’u terhadap media dakwah nonverbal: Analisis deskriptif respon pembeli terhadap media dakwah nonverbal di waroeng steak and shake Jatinangor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Dalam menghadapi era globalisasi informasi dan perkembangan teknologi akhir-akhir ini, dunia dihadapkan kepada cepatnya perkembangan arus informasi. Pemanfaatan alat-alat teknologi sebagai media penyampai informasi kepada khalayak, sepertinya tidak dapat dibendung. Tetapi sebaliknya, keberadaan teknologi canggih di era globalisasi informasi dan komunikasi ini harus dimanfaatkan untuk penyebaran informasi dan pesan-pesan dakwah islam. Aktivitas dakwah Islam saat ini tidak cukup dengan menggunakan media-media tradisional, seperti melalui ceramah-ceramah dan pengajian-pengajian yang masih menggunakan media komunikasi oral, atau dengan taraf perkembangan daya pikir manusia harus dimanfaatkan sedemikian rupa, agar dakwah Islam lebih mengena sasaran dan tidak out of date. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana (1) media dakwah nonverbal di Waroeng Steak and Shake Jatinangor; (2) kondisi mad’u di Waroeng Steak and Shake Jatinangor; (3) seberapa besar pengaruh media dakwah nonverbal terhadap perubahan sikap mad’u di Waroeng Steak and Shake Jatinangor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikologi behavioristik S-O-R, yakni stimulus, Organisme, Respon. Adapun yang jadi stimulusnya adalah pesan dakwah dalam media nonverbal berupa gambar yang dibubuhi dengan tulisan bermuatan dakwah islam, Organismenya adalah pembeli di Waroeng Steak and Shake Jatinangor, Kabupaten Sumedang dan responnya adalah perhatian, pemahaman dan peneriman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi untuk merelevansikan teori-teorinya agar penelitian ini bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian ini menggambarkan bahwa penyampaian dakwah melalui media nonverbal di Waroeng Steak and Shake Jatinangor, memberikan pengaruh yang baik dari pembeli yang berjumlah 171 pembeli yang menjadi responden. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil jawaban pembeli di Waroeng Steak and Shake Jatinangor terhadap angket yang di sebar dan juga pertanyaan yang di batasi oleh tiga indikator yaitu perhatian mendapatkan respon positif, pemahaman mendapatkan respon positif, dan penerimaan mendapatkan respon positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: respon mad’u; media dakwah; dakwah non verbal
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 25 Feb 2020 05:50
Last Modified: 25 Feb 2020 05:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29782

Actions (login required)

View Item View Item