Prinsip kedaruratan dalam hukum Islam dan relevansinya dengan pembentukan peraturan pemerintah pengganti undang-undang dalam hukum ketatanegaraan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Nurhakim, Agus (2019) Prinsip kedaruratan dalam hukum Islam dan relevansinya dengan pembentukan peraturan pemerintah pengganti undang-undang dalam hukum ketatanegaraan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover_Agus Nurhakim.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak_Agus Nurhakim.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi_Agus Nurhakim.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1_Agus Nurhakim.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2_Agus Nurhakim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3_Agus Nurhakim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4_Agus Nurhakim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5_Agus Nurhakim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka_Agus Nurhakim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kontroversi di kalangan ahli hukum tentang pembentukan Perppu sebagai bagian dari peraturan perundang-undangan yang dikonsepsikan untuk menyelesaikan suatu “hal ihwal kegentingan yang memaksa”. Konsep darurat dalam hukum Islam perlu menjadi salah satu indikator dalam pembentukan Perppu Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menganalisa lebih dalam tentang prinsip-prinsip darurat dalam hukum Islam; (b) menganalisa lebih dalam tentang konsep pembentukan Perppu dalam hukum tata negara di Indonesia; (c) menganalisa lebih dalam prinsip kedaruratan dalam hukum Islam dan relevansinya dengan pembentukan Perppu di Indonesia. Jenis penelitian adalah doctrinal legal research dengan pendekatan conceptual approach. Sumber-sumber informasi diperoleh dari sejumlah literatur yang berkaitan dengan konsep darurat dan hukum tata negara. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dari book review, undang-undang, jurnal, dan internet. Sedangkan kerangka teori yang digunakan adalah teori utama (grand theory): teori fikih siyasah, teori menengah (midle theory): teori maqâshid asy-syarî’ah, dan teori aplikasi (aplicative theori): teori mashlahat. Informasi menunjukan bahwa darurat merupakan suatu kondisi yang datang, baik bersifat individu maupun kelembagaan, sehingga memungkinkan melakukan hal-hal yang dilarang dan melaksanakan kewajiban sesuai dengan batas kemampuannya. Pembentukan Perppu didasari atas “hal ihwal kegentingan yang memaksa” yang dalam hukum Islam disebut darurat. Hasil penelitian adalh sebagai berikut: (1) Prinsip kedaruratan dalam hukum Islam berpedoman pada tujuan-tujuan syariat (maqâshid asy-syarî’ah); (2) Perppu dalam hukum tata negara di Indonesia dibentuk karena adanya “hal ihwal kegentingan yang memaksa” yang berkedudukan sama seperti undang-undang; (3) Prinsip kedaruratan dalam hukum Islam relevan dengan pembentukan Perppu di Indonesia, baik dari segi konseptual, legalitas, sosiologis, filosofis, maupun akibat hukum yang ditimbulkan.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: darurat; Hukum islam; peraturan pemerintah; hukum tata negara
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam
Depositing User: Agus Nurhakim
Date Deposited: 27 Feb 2020 06:10
Last Modified: 09 Mar 2020 02:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29845

Actions (login required)

View Item View Item