Daya tarik tayangan debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2019: Studi deskriptif pada mahasiswa Jurnalistik angkatan 2016 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Marantika, Diah Ayu (2019) Daya tarik tayangan debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2019: Studi deskriptif pada mahasiswa Jurnalistik angkatan 2016 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Di masa kampanye politik, sifat dan karakteristik media sosial ini akan berpeluang memberi keuntungan lebih bagi para petarung politik, khususnya mereka yang berjuang memperebutkan kursi paling tinggi sebagai pemimpin negeri ini. Youtube sebagai media sosial memiliki konten yang diciptakan, diperbaharui, serta dipelihara secara individual oleh penggunanya sendiri atau instansi tertentu dan disediakan untuk pengguna lain yang menggunakan aplikasi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pandangan mahasiswa jurnalistik angkatan 2016 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tentang daya tarik terhadap tayangan debat calon presiden dan calon wakil presiden. Landasan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Teori Penerimaan Pesan (Reception Theory), teori tersebut menekankan pada khalayak dalam menerima pesan. Dan Teori Perbedaan Individu (Individual Differences Theory), dengan teori tersebut kemudian masing-masing individu menarik makna yang bervariasi dengan latar belakang pengalaman biologis dan psikologis berbeda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, metode dengan tahapan analisis ini peneliti memaparkan secara deskriptif hasil yang telah diperoleh selama pengumpulan data, memaparkan dan tercatat oleh peneliti. Hasil dari wawancara yang didapat kemudian disalin dan dipaparkan dalam bentuk tulisan. Demikian pula dengan hasil yang diperoleh ketika observsi atau meninjau data yang telah terkumpul melalui dokumentasi, data tersebut kemudian dipaparkan dalam bentuk tulisan yang sistematis. Hasil penelitian : Pertama, Mahasiswa Jurnalistik 2016 dapat menerima dengan baik tayangan debat capres dan cawapres 2019 dengan lebih dulu menghasilkan makna dari masing-masing individu kemudian bagaimana variasi dari masing-masing individu dilatarbelakangi bagaimana kondisi psikologis dan biologis individu dalam bersikap, menilai dan mempercayai suatu hal. Kedua, dalam menerima isu/topik yang diangkat dalam debat capres dan cawapres 2019 mahasiswa mampu menginterpretasikan secara verbal. Ketiga, Mahasiswa dapat menerima informasi dari tayangan serta dapat menyerap pesan-pesan terdapat pada tayangan debat tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa; debat capres dan cawapres 2019; Youtube;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Political Process > Election System
Political Process > Political Campaigns
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Diah Ayu Marantika
Date Deposited: 02 Mar 2020 06:37
Last Modified: 02 Mar 2020 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29846

Actions (login required)

View Item View Item