Hubungan antara kegiatan bermain balok Cuisenaire terhadap kecerdasan logis-matematis anak usia dini : Penelitian di Kelompok B RA Ar-Rahmah Kadipaten Majalengka

Rizki, Novi Hayati (2019) Hubungan antara kegiatan bermain balok Cuisenaire terhadap kecerdasan logis-matematis anak usia dini : Penelitian di Kelompok B RA Ar-Rahmah Kadipaten Majalengka. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER(1).pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK(1).pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI(1).pdf
Restricted to UNSPECIFIED

Download (394kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB I(1).pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Kelompok B RA-Rahmah Kadipaten Majalengka, peneliti memandang telah terjadi kesenjangan antara tingginya kegiatan bermain balok Cuisenaire dengan rendahnya kecerdasan logis-matematis anak usia dini. Hal ini terlihat bahwa kegiatan bermain balok Cuisenaire pada dasarnya anak sudah mampu mengelompokkan balok berdasarkan warna dan bentuk dengan baik. Namun berbeda halnya dengan kecerdasan logis-matematis, anak masih belum mampu menghitung dan menjumlahkan dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kegiatan bermain balok Cuisenaire; 2) kecerdasan logis-matematis anak usia dini; dan 3) hubungan antara kegiatan bermain balok Cuisenaire terhadap kecerdasan logis-matematis anak usia dini di kelompok B RA Ar-Rahmah Kadipaten Majalengka. Kecerdasan logis-matematis anak usia dini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kegiatan bermain balok Cuisenaire. Kegiatan bermain balok Cuisenaire dapat mengembangkan motorik halus, melatih ketelitian, mengembangkan kecerdasan anak, dan melatih kemampuan matematika dasar, berhitung, penjumlahan, serta pengurangan. Berdasarkan asumsi teori tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, semakin tinggi kegiatan bermain balok Cuisenaire semakin tinggi pula kecerdasan logis-matematis anak usia dini, demikian pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Ar-Rahmah Kadipaten Majalengka yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui lembar observasi dan dokumentasi. Hasil perhitungan pada variabel X diperoleh nilai rata-rata sebesar 79. Angka tersebut berada pada interval 70–79 dengan kategori baik. Hasil perhitungan pada variabel Y diperoleh nilai rata-rata sebesar 79. Angka tersebut berada pada interval 70–79 dengan kategori baik. Hubungan antara kegiatan bermain balok Cuisenaire dengan kecerdasan logis-matematis anak usia dini diperoleh harga koefisien korelasi melalui rumus Spearman Rank (ρ_hitung) sebesar 0,966. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada kategori sangat kuat karena berada pada nilai interval 0,800–1,000. Hasil uji signifikansi di peroleh harga thitung = 15,826 > ttabel = 2,101. Dengan kata lain Ha diterima, terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan bermain balok Cuisenaire terhadap kecerdasan logis-matematis anak usia dini di kelompok B RA Ar-Rahmah Kadipaten Majalengka. Adapun besarnya kontribusi kegiatan bermain balok Cuisenaire terhadap kecerdasan logis-matematis anak usia dini adalah sebesar 93,3 %. Hal ini menunjukkan bahwa 6,7% kecerdasan logis matematis anak usia dini dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bermain; Balok Cuisenaire; Kecerdasan; Logis;Matematis; Anak ;Usia Dini;
Subjects: Education, Research
Elementary Education
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: novi hayati rizki
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:17
Last Modified: 02 Mar 2020 02:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29885

Actions (login required)

View Item View Item