Hubungan antara kegiatan bermain benda alam terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini : Penelitian di kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung

Nurfitriyani, Nurfitriyani (2019) Hubungan antara kegiatan bermain benda alam terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini : Penelitian di kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung, peneliti memandang telah terjadi kesenjangan antara tingginya kegiatan bermain benda alam dengan rendahnya kemampuan mengenal angka anak usia dini. Hal ini terlihat bahwa kegiatan bermain benda alam pada dasarnya anak sudah mampu mengenal berbagai benda alam ciptaan Allah dan mampu memanfaatkan berbagai benda alam dalam membuat karya seni. Namun berbeda halnya dengan kemampuan mengenal angka, anak belum mampu menggunakan lambang bilangan dalam berhitung, serta belum mampu mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) realitas kegiatan bermain benda alam; (2) realitas kemampuan mengenal angka anak usia dini; (3) hubungan antara kegiatan bermain benda alam terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini di kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Kemampuan mengenal angka anak usia dini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kegiatan bermain benda alam. Dengan menggunakan benda-benda yang sudah tersedia dari alam seperti biji-bijian, bunga pinus, kerang dan lain-lain memudahkan anak dalam dalam proses mengenal angka. Berdasarkan asumsi teori tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, semakin tinggi kegiatan bermain benda alam semakin tinggi pula kemampuan mengenal angka anak usia dini, demikian pula sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung pada Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 18 anak. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yang berarti teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menjadikan seluruh populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil analisis pada kegiatan bermain benda alam diperoleh nilai rata-rata sebesar 84. Angka tersebut berada pada interval 80 – 100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, kemampuan mengenal angka anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 76. Angka tersebut berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan antara kegiatan bermain benda alam terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini diperoleh harga koefisien korelasi melalui rumus Spearman Rank (ρ_hitung) sebesar 0,71. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada kategori kuat karena berada pada interval 0,600-0,799. Hasil uji signifikansi diperoleh t_hitung = 4,0329 ˃ harga t_tabel = 2,120. Artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan kata lain, kegiatan bermain benda alam memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kemampuan mengenal angka anak usia dini di Kelompok B1 RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Adapun kontribusi/pengaruh kegiatan bermain benda alam terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini sebesar 50,41%. Hal ini menunjukkan terdapat 49,59% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan mengenal angka anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bermain; benda alam;mengenal angka;anak; usia dini;
Subjects: Education, Research
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: nur fitriyani fitri
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:09
Last Modified: 02 Mar 2020 02:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29901

Actions (login required)

View Item View Item