Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kebermaknaan hidup: Studi kasus pada jamaah Ibu-Ibu Masjid Taklim As-Siraj Cipadung Bandung

Wahyuni, Sri (2019) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kebermaknaan hidup: Studi kasus pada jamaah Ibu-Ibu Masjid Taklim As-Siraj Cipadung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftafpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Setiap individu mempunyai keinginan agar kehidupannya dapat bermakna di setiap aktifitas yang ia lakukan setiap saat. Karena kebermaknaan dalam hidup sangatlah perlu dipahami oleh setiap orang, siapapun dia orangnya dari yang kaya, miskin, jelek, tampan mengharapkan kebermaknaan dalam hidupnya Kebermaknaan hidup seseorang terkandung dalam kehidupan ini, tujuan dari kehidupan manusia sebuah proses pencarian dalam kebermaknaan hidup seseorang agar dapat bermanfaat bagi orang lain, maka akan ada jalan untuk meraih kehidupan yang bermakna di kedepannya. individu menginginkan kehidupan yang bahagia, dan sukses, bahagia dan sukses yang bermakna di kehidupannya. Namun banyak individu yang sukses tapi ia tidak merasakan kebahagian batinnya, merasa hampa hidupnya, tidak memiliki arti untuk apa yang sudah ia lakukan. Pentingnya kebermaknaan dalam hidup seseorang sangatlah berpengaruh dalam kecerdasan spiritual. Hal ini menunjukan bahwa Kecerdasan spiritual yang baik akan menemukan kebermaknaan hidup yang lebih baik. Adapun hipotesis dalam penelitian ini Ha: Terdapat pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap kebermaknaan hidup. Ho: Tidak terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kebermaknaan hidup. Adapun tujuan umum pada penelitian yang akan dilaksanakan pada judul “Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kebermaknaan Hidup pada Jamaah Ibu-ibu Masjid Taklim As-Siraj Cipadung Bandung”, yaitu sebagai berikut: untuk mengatahui bagaimana gambaran kecerdasan spiritual, untuk mengetahui gambaran umum kebermaknaan hidup dan untuk mengetahui adakah pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap kebermaknaan hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Dengan menggunakan pendekatan assosiatif. Sedangkan teknik atau alat penelitian yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dokumentasi, dan studi pustaka. Dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Hasil pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan koefisien korelasi, regresi secara simultan (Uji F), regresi secara parsial (Uji t) dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dari perhitungan nilai terdapat Hasil uji koefisien determinasi tersebut memberikan makna bahwa R Square 0,006 artinya 1%. Variabel X berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 1%. Masih ada variabel (Y) lain yang dapat memperkuat pengaruh kebermaknaan hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual; Kebermaknaan Hidup;
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Sources of Religions
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: sri wahyuni
Date Deposited: 14 Jun 2020 10:09
Last Modified: 14 Jun 2020 10:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29913

Actions (login required)

View Item View Item