Analisis penerapan metode penyusutan aset tetap peralatan dan mesin pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung: Studi kasus penyusutan kendaraan operasional pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung

Nurlatifah, Sri (2017) Analisis penerapan metode penyusutan aset tetap peralatan dan mesin pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung: Studi kasus penyusutan kendaraan operasional pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada penginputan aset yang belum sesuai, penerapan metode penyusutan yang belum sesuai untuk kendaraan operasional dan tidak adanya pengendalian yang ketat dalam pemeliharaan kendaraan operasional di dinas pengelolaan keuangan dan aset daerah kota bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prosedur penyusutan, penerapan metode penyusutan dengan saldo menurun ganda dan mengetahui selisih nilai dari penggunaan mertode garis lurus dengan saldo menurun ganda. Hal tersebut merujuk pada pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) pasal 16. Metode penetian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis kebijakan redaktur dengan tipe analisis terapan yang dikaitkan dengan teori kemudian dilakukan pembahsan secara deskriptif. Populasi pada penelitian ini berupa neraca dan sempelnya laporan penyusutan aset tetap peralatan dan mesin tahun 2014-2016. Hasil analisis penerapan metode penyusutan aset tetap kendaraan operasional di dinas pengelolaan keuangan dan aset daerah kota bandung adalah prosedur penyusutan telah sesuai dengan buletin teknis nomor 5 tentang akuntansi penyusutan, penerapan metode garis lurus kurang sesuai dalam penerapan penyusutan untuk kendaraan operasional, dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan metode saldo menurun ganda serta terdapat selisih nilai penyusutan sebesar 9.3% di tahun 2014, 1,6% di tahun 2015 dan 9,8 % di tahun 2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aset tetap; peralatan; mesin; penyusutan
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Specific Field of Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:01
Last Modified: 03 Mar 2020 07:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30013

Actions (login required)

View Item View Item