Pengaruh kebijakan dividen dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan: Studi pada perusahaan subsektor batubara yang terdaftar di BEI tahun 2011-2015

Nuraini, Vini (2017) Pengaruh kebijakan dividen dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan: Studi pada perusahaan subsektor batubara yang terdaftar di BEI tahun 2011-2015. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Tujuan perusahaan adalah mencari laba dan mempertahankan kelangsungan hidupnya. Dalam usahanya memperoleh laba salah satu kegiatan yang harus dilakukan manajemen yaitu memaksimumkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan nilai pasar yang terdiri dari surat berharga jangka panjang dan ekuitas perusahaa yang beredar. Apabila nilai perusahaan menurun, maka akan mencerminkan pandangan negatif bagi investor terhadap kinerja perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen (DPR) dan ukuran perusahaan (SIZE) terhadap nilai perusahaan (Tobins’q) pada perusahaan sub sektor batubara yang terdaftar di BEI tahun 2011-2015 yakni sebanyak 16 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh secara historis dalam laporan keuangan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggambarkan analisis suatu hasil yang kemudian menguji hipotesis dari data dan fakta yang ada. Pengujian ini dilakukan dengan uji statistik yaitu uji signifikansi parsial atau uji t, uji signifikansi simultan atau uji F dengan tingkat signifikansi 5% penganalisaan data dengan menggunakan software pengolahan data statistik dengan Eviews 7. Hasil uji secara parsial menunjukan bahwa tidak semua variabel independen berpengaruh pada variabel dependen. Hasil uji-t menunjukan bahwa variabel kebijakan dividen (DPR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (sig 0,0065 < 0,05), sedangkan variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (sig 0,2298 > 0,05). Secara simultan, hasil uji F menunjukan bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (sig 0,00 < 0,05). Dengan angka koefisisen determinasi yang dihasilkan sebesar 0,683132 yang menunjukan bahwa kedua variabel independen berpengaruh sebesar 68,313% terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kebijakan dividen; ukuran perusahaan; nilai perusahaan; batubara
Subjects: General Management > Management for Enterprises
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:22
Last Modified: 05 Mar 2020 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30073

Actions (login required)

View Item View Item