Pesan dakwah dalam program youtube: Studi deskriptif pesan dakwah program motion graphic dalam channel youtube Yufid TV

Nurbayani, Kamila (2019) Pesan dakwah dalam program youtube: Studi deskriptif pesan dakwah program motion graphic dalam channel youtube Yufid TV. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy

Abstract

Youtube merupakan sarana yang tepat untuk berdakwah. Seperti channel Youtube Yufid TV yang memiliki program motion graphic. Program ini. membawakan pesan- keagamaan, dengan cara tidak menampakan maknanya, agar pesan dakwah lebih mudah,praktis dan cepat diterima oleh mad’u. Melihat bahwa program motion graphic dalam channel Youtube Yufid TV ini memiliki pesan yang tidak nampak, maka harus melalui beberapa tahap untuk mengetahui maksud pesan dakwahnya. Yaitu dengan cara membaca melalui representasi (tanda), objek, dan interpretasi. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, tujuan penelitian ini adalah; mengetahui representasi atau tanda, objek dan interpretasi pesan dakwah pada program moton graphic dalam channel Youtube Yufid TV. Teori dalam penelitian ini ialah teori semiotika yang dikemukan Charles Sanders Pierce, teori ini didasarkan pada logika, karena logika mempelajari bagaimana orang bernalar melalui tanda-tanda. Tanda dijadikan sebagai suatu alat komunikasi, serta dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek komunikasi Tanda-tanda ini memungkinkan manusia berfikir, berhubungan dengan orang lain dan memberi makna pada apa yang ditampilkan oleh alam semesta. Berikut langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) menentukan objek penelitian yaitu program motion graphic dalam channel Youtube Yufid TV, mengambil lima video, yang berjudul Iklas Itu Berat, Persiapan Menyambut Ramadhan, Merasa Pintar vs Merasa bodoh, Jangan sia-siakan Ramadhan, dan Untuk Apa Kita Hidup? 2) menentukan metode penelitian yaitu metode deskriptif pendekatan kualitatif 3) menentukan jenis dan sumber data, yaitu data primer data yang didapat langsung dari program motion graphic dalam channel Yufid TV dan data sekunder yaitu data pendukung 4) menentukan teknik pengumpuilan data yaitu, studi dokumentasi dan observasi 5) menganalisis data yang sudah didapatkan. Berdasarkan hasil penelitian, pada program Motion Graphic dalam channel Youtube Yufid TV ialah, video yang berjudul Iklas Itu Berat memiliki pesan bahwa sifat senang dipuji, tamak, dan gengsi, dapat mengahangi seseorang untuk iklas. Dalam video berjudul Jangan Sia-Siakan Ramadhan memiliki pesan dakwah bahwa bulan Ramadhan bulan berkah, namun bisa jadi mimpi buruk bagi yang menyia-nyiakannya. Selanjutnya video yang berjudul Merasa Pintar vs Merasa Bodoh memiliki pesan dakwah bahwa kita harus merasa bodoh di hadapan Allah, jangan merasa pintar. Video selanjutnya yang berjudul Persiapan Menyambut Ramadhan memiliki pesan dakwah yakni sebelum Ramadhan tiba, kita harus melakukan pemanasan dengan cara melatih dan meningkatkan ibadah kita. Dan yang terakhir, video yang berjudul Untuk Apa Kta Hidup?, memiliki pesan bahwa kita hidup untuk berhubungan baik dengan habluminallah dan habluminannas agar mendapatkan surga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; youtube; motion graphic;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kamila Nurbayani
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:24
Last Modified: 06 Mar 2020 07:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30107

Actions (login required)

View Item View Item