Pengaruh Total Asset turnover (TATO) dan Working Capital Turnover (WCTO) terhadap Return on Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studikasus di PT Indofarma (Persero) Tbkperiode 2008-2017

Fikri, Nabil Akmal (2019) Pengaruh Total Asset turnover (TATO) dan Working Capital Turnover (WCTO) terhadap Return on Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studikasus di PT Indofarma (Persero) Tbkperiode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk melihat seberapa besar jumlah Return on Asset (ROA) yang ada pada perusahaan, karena dalam laporan laba-rugi Return on Asset (ROA) bertujuan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari aktiva yang digunakan. Total Asset Turnover (TATO) digunakan untuk mengukur tingkat efektifitas perusahaan dalam penggunaan assetoprasi perusahaan untuk menghasilkan pendapaan. Semakin besar Total Asset Turnover (TATO) maka akan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Faktor lain yang mempengaruhi terhadap Return on Asset (ROA) adalah Working Capital Turnover (WCTO) yang secara umum merupakan salah satu rasio yang mengukur keefektian modal kerja selama periode tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) secara parsial terhadap Return on Asset (ROA); 2) Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) secara parsial terhadap Return on Asset (ROA); 3) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Working Capital Turnover (WCTO) secara simultan terhadap Return on Asset (ROA) pada PT. Indofarma (Persero), Tbk. Total Asset Turnover adalah mengukur tingkat efektifitas perusahaan dalam penggunaan asset operasi perusahaan untuk menghasilkan penjualan agar memperoleh pendapatan. Sedangkan Working Capital Turnover merupakan salah satu rasio untuk mengukur atau menilai keefektifan modal kerja selama periode tertentu. Serta Return on Asset merupakan rasio antara laba bersih setelah pajak dengan total aktiva. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif.. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for windows version 18 dan Microsoft Exel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Indofarma (Persero), Tbk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil Pengujian Hipotesis menunjukkan nilai thitung ≤ ttabel (-0,827 ≤ 2,306) dengan nilai signifikansi sebesar 0,432 ≥ 0,05yang artinya H0 diterima dan Ha ditolak, maka secara parsial variabel Total Asset Turnover (TATO) berpengaruh negatif dan berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel Return on Asset (ROA), 2) Hasil Pengujian Hipotesis menunjukkan nilai thitung ≤ ttabel (-1,456 ≤ 2,306) dengan nilai signifikansi sebesar 0,183 ≥ 0,05yang artinya H0 diterima dan Ha ditolak, maka secara parsial variabel Working Capital Turnover (WCTO) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel Return on Asset (ROA), 3) Pengujian Hipotesis menujukkan hasil Fhitung≤ Ftabel, yaitu 1,043 ≤ 4,740dengan nilai signifikansi 0,401 ≥ 0,05yang artinya H0 diterima dan Ha ditolak, maka secara simultan variabel Total Asset Turnover (TATO) dan Working Capital Turnover (WCTO) berpengaruh negatif dan berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel Return on Asset (ROA)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turnover;Working Capital Turnover;Return on Asset
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: nabil akmal fikri
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:34
Last Modified: 09 Mar 2020 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30124

Actions (login required)

View Item View Item