Pengaruh dana simpanan giro wadiah dan dana simpanan tabungan wadiah terhadap total liabilitas pada PT Bank BCA Syariah TBK Periode 2015-2018

Habib, Sahrizal (2019) Pengaruh dana simpanan giro wadiah dan dana simpanan tabungan wadiah terhadap total liabilitas pada PT Bank BCA Syariah TBK Periode 2015-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Liabilitas merupakan kewajiban suatu perusahaan dalam membayar hutangnya pada pihak lain. Salah satu produk penghimpunan dana bank syariah adalah produk dana simpanan giro wadi’ah dan dana simpanan tabungan wadi’ah. Dana simpanan giro wadi’ah dan dana simpanan tabungan wadi’ah yang besar mencerminkan bahwa total liabilitas yang dimiliki besar pula. Permasalahan muncul ketika dana simpanan giro wadi’ah dan dana simpanan tabungan wadi’ah yang diperoleh tinggi, tetapi total liabilitas yang dihasilkan justru rendah ataupun sebaliknya, seperti terjadi di PT. Bank BCA Syariah Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana simpanan giro wadi’ah secara parsial terhadap total liabilitas PT. Bank BCA Syariah Tbk., untuk mengetahui pengaruh dana simpanan tabungan wadiah secara parsial terhadap total liabilitas PT. Bank BCA Syariah Tbk., dan untuk mengetahui pengaruh dana simpanan giro wadi’ah dan dana simpanan tabungan wadi’ah secara simultan terhadap total liabilitas PT. Bank BCA Syariah Tbk. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi dana simpanan giro wadi’ah dan dana simpanan tabungan wadi’ah, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap total liabilitas yang dimiliki. Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah dana simpanan giro wadi’ah dan dana simpanan tabungan wadi’ah sebagai variabel independen dan total liabilitas sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan PT. Bank BCA Syariah Tbk. Periode 2015-2018 yang berasal dari halaman website yang disediakan oleh Bank BCA Syariah. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi, analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Perhitungan uji t menunjukkan bahwa Dana Simpanan Giro Wadiah berpengaruh positif signifikan terhadap Total Liabilitas dengan koefisien determinasi sebesar 63,8% di PT. Bank BCA Syariah Tbk. Periode 2015-2018. 2) Perhitungan uji t menunjukkan bahwa Dana Simpanan Tabungan Wadiah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Total Liabilitas secara parsial dengan koefisien determinasi sebesar 1,6% di PT. Bank BCA Syariah Tbk. Periode 2015-2018. 3) Perhitungan uji F menunjukkan bahwa Dana Simpanan Giro Wadiah dan Dana Simpanan Tabungan Wadiah berpengaruh positif signifikan terhadap Total Liabilitas secara simultan dengan koefisien determinasi sebesar 64,5% di PT. Bank BCA Syariah Tbk. Periode 2015-2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dana Simpanan Giro Wadiah; Dana Simpanan Tabungan Wadiah; Total Liabilitas.
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: sahrizal habib
Date Deposited: 09 Mar 2020 06:38
Last Modified: 09 Mar 2020 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30129

Actions (login required)

View Item View Item