Pelaksanaan sistem penetapan Nisbah bagi hasil pada akad mudharabah mutlaqah dalam program tabungan rencana IB Maslahah pada Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Bekasi

Mukhtar, Najib (2019) Pelaksanaan sistem penetapan Nisbah bagi hasil pada akad mudharabah mutlaqah dalam program tabungan rencana IB Maslahah pada Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh praktik Tabungan Mudharabah Mutlaqah dalam produk Tabungan Rencana IB Maslahah pada Bank Jabar Banten Syariah KC Bekasi dengan sistem bagi hasil dan nisbah yang telah ditetapkan oleh pihak bank. Hal ini tidak sesuai dengan point pertama ketentuan umum dalam Fatwa DSN No. 15/DSN-MUI/IX/2000 tentang Prinsip Distribusi Hasil Usaha dalam Lembaga Keuangan Syariah yang menyatakan pembagian hasil usaha sebaiknya digunakan prinsip Net Revenue Sharing Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksaan penetapan nisbah bagi hasil dalam produk Tabungan Rencana IB Maslahah melalui akad Mudharabah Mutlaqah di BJBS KC Bekasi, dan untuk mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penetapan nisbah bagi hasil dalam produk Tabungan Rencana IB Maslahah di BJBS KC Bekasi. Kerjasama Mudharabah salah satu rukunnya adalah nisbah keuntungan. Keuntungan ini akan dibagikan kepada kedua belah pihak sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati bersama. Sebelumnya pihak nasabah dan bank harus menempuh kesepakatan bersama mengenai besaran nisbah dengan adanya tawar-menawar nisbah yang akan diperoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Analisis yang dimaksudkan untuk menggambarkan keadaan objek penelitian, yakni mengenai penetapan nisbah bagi hasil dalam produk Tabungan Rencana IB Maslahah melalui akad Mudharabah Mutlaqah di BJBS KC Bekasi. Sedangkan teknik pengumpulan data ditempuh dengan menerapkan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan, sementara analisis datanya dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) pelaksanaan nisbah bagi hasil dalam program Tabungan Rencana IB Maslahah BJBS KC Bekasi dengan ketetatapan nisbah itu sudah menjadi ketetapan yang diputuskan oleh Bank Jabar Banten Syariah Pusat, sedangkan pihak Kantor cabang hanya melaksanakan penyampaian simulasi keuntungan nisbah yaitu 40% untuk nasabah. (2) secara Hukum Ekonomi Syariah dalam prinsip muamalah akad yang dilakukan harus didasarkan pada prinsip “Antarhadhin” yaitu rasa suka sama suka dalam setiap kegiatan muamalah dengan adanya kesepakatan atau negosiasi antara nasabah dengan pihak bank dalam menentukan besarnya nisbah keuntungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nisbah; Mudharabah Mutlaqah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Najib Mukhtar
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:12
Last Modified: 15 Jul 2020 02:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30170

Actions (login required)

View Item View Item