Maulana, Irfan (2018) Respon siswa terhadap keteladanan guru PAI hubungannya dengan perilaku mereka: Penelitian di kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan, diperoleh keterangan bahwa SMP Muhammadiyah 10 Kota Bandung adalah salah satu sekolah yang menerapkan dan memberlakukan disiplin bagi siswanya bahkan guru gurunya tidak terkecuali guru PAI . Seluruh guru senantiasa memberikan contoh-contoh akhlak dalam bentuk keteladanan. Hal ini dimaksudkan agar peserta dapat mencontoh dan meneladani dalam mematuhi peraturan. Akan tetapi, di sisi lain pihak siswa masih banyak yang berperilaku tidak disiplin seperti, datang terlambat ke sekolah, membuang sampah semabarangan, berpakaian tidak rapih, membuat gaduh apabila jam pelajaran berlangsung, mengobrol sama teman ketika guru sedang memberi materi, tidak mengerjakan tugas, bolos sekolah dan lain sebagainya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon siswa terhadap keteladanan guru PAI di SMP Muhammadiyah 10 Kota Bandung, perilaku disiplin siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Kota Bandung,serta hubungan respon siswa terhadap keteladanan guru PAI dengan perilaku disiplin siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Kota Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa perilaku disiplin siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya repon siswa terhadap keteladanan Guru PAI. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan yakni semakin baik respon siswa terhadap keteladanan Guru PAI, maka akan semakin tinggi pula perilaku disiplin siswa, dan begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasi. Adapun alat pengumpul datanya melalui observasi, wawancara, angket, dan menggunakan random sampling dengan melibatkan 36 orang siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap keteladanan Guru PAI termasuk dalam kategori cukup atau sedang dengan skor rata-rata sebesar 3,10 berada pada kelas interval 2,60 – 3,39, perilaku disiplin siswa termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 3,24 berada pada kelas interval 2,60 – 3,39. hubungan respon siswa terhadap keteladanan Guru PAI dengan perilaku disiplin siswa berkorelasi positif dan signifikan. Koefisien korelasi sebesar = 0,51, dengan thitung lebih besar dari t tabel yaitu 3,78 > 2,03. Dengan demikian, hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima, dan koefisien determinasi mencapai 26% yang artinya masih terdapat 74% faktor lain yang mempengaruhi perilaku disiplin siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | respon siswa; keteladanan guru PAI; perilaku siswa; |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Adult Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Irfan Maulana |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 06:51 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 06:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30232 |
Actions (login required)
View Item |