Peran penganut Maitreya dalam memelihara eksistensi Buddha Maitreya Kota Bandung: Studi terhadap Vihara Maitreya Datu, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung

Fauzi, Muhammad Alfi (2019) Peran penganut Maitreya dalam memelihara eksistensi Buddha Maitreya Kota Bandung: Studi terhadap Vihara Maitreya Datu, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ Daftar Isi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia terdapat berbagai macam aliran dari agama Buddha, selain aliran Theravada dan Mahayana ada lagi yang dinamakan Tantrayana (Vajrayana/ Mantrayana), Tridharma, Nichiren, Buddhayana dan lain-lain. Di Indonesia terdapat aliran Buddha yang bisa dikatakan cukup eksis dengan keberadaanya, yaitu aliran Buddha Maitreya. Aliran ini memiliki ciri khas yang membedakan dengan Buddha yang lainnya dan merupakan aliran khusus di Indonesia, seperti dalam hal doktrin, maupun ritual dan lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejarah, doktrin, ritual dan keanggotaan dalam Buddha Maitreya di Vihara Maitreya Datu. Penulis disini memfokuskan penelitian dalam studi deskriptif mengenai peran penganut dalam memelihara eksistensi Buddha Maitreya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan sosiologi agama sebagai salah satu analisis mengenai peranpenganutdalammemeliharaeksistensi Buddha Maitreya di kota Bandungdengan cara mengaitkan pendekatan ini melalui metode penelitian deskriptif kualitatif. Sehingga dapat memberikan gambaran mengenai aktivitas sosio-agama para pengenut Buddha Maitreya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal peneliti mengenakan teori pengalaman keberagamaan dalam bentuk ekspresi-ekspresi keberagamaan. Ketika memakai teori ekspresi keberagamaan, para umat Buddha Maitreya mampu menjadi kelompok yang bertahan dan bisa diterima oleh masyarakat. Hasil penelitian menujukan: Pertama,doktrin dalam Buddha Maitreya bisa mengintegrasikan kepada kepentingan komunitas dalam memelihara eksistensi agama, terbukti dengan adanya bentuk pemikiran berupa doktrin dalam Buddha Maitreya yang bersifat Kasih yang dengan misi Dunia Satu Keluarga. Dengan doktrin tersebut, umat Buddha Maitreya mendatangkan kebahagiaan semesta bagi masyarakat dan dunia. Kedua, ritual dan pelayanan Buddha Maitreya bisa mengintegrasikan kepada kepentingan komunitas dalam memelihara eksistensi agama, terbukti dengan adanya ritual-ritual dan pelayanan dalam Buddha Maitreya menunjukkan bahwa Buddha Maitreya masih ada di dunia, dan masih bertahan di masyarakat. Ketiga, keanggotaan (penganut) Buddha Maitreya bisa mengintegrasikan kepada kepentingan komunitas dalam memelihara eksistensi agama, terbukti dengan adanya tingkatan rohani dan program-program yang diadakan umat Maitreya dapat saling merangkul dan menumbuhkan rasa solidaritas sesama penganut Buddha Maitreya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi; Buddha; Maitreya;
Subjects: Religions of Indic Origin > Sources
Religious Leaders Biography > Buddhists Religious Leaders Biography
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Muhammad Fauzi
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:16
Last Modified: 12 Mar 2020 04:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30233

Actions (login required)

View Item View Item