Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return Saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia : Studi pada PT. Surya Semesesta Internusa Tbk. periode 2007-2017

Zulfikar, Muhammad (2019) Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return Saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia : Studi pada PT. Surya Semesesta Internusa Tbk. periode 2007-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Return (keuntungan) merupakan tujuan utama dari aktivitas perdagangan para investor di pasar modal. Para investor menggunakan berbagai cara untuk memperoleh return yang diharapkan, baik melalui analisis sendiri terhadap perilaku perdagangan saham, maupun dengan memanfaatkan sarana yang diberikan oleh para analisis pasar modal, seperti broker, dealer dan manajer investasi. Return on Asset (ROA) merupakan rasio profitabilitas, dalam laporan keuangan rasio ini sangat disoroti karena mampu menunjukan keberhasilan perusahaan menghasilkan keuntungan. Sedangkan Operating Profit Margin (OPM) adalah ukuran persentase dari setiap hasil sisa penjualan setelah dikurangi biaya dan pengeluaran lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Return on Asset (ROA) secara parsial terhadap Return Saham; 2) Pengaruh Operating Profit Margin (OPM) secara parsial terhadap Return Saham; 3) Pengaruh Return on Asset (ROA) dan Operating Profit Margin (OPM) secara simultan terhadap Return Saham pada PT Surya Semesta Internusa Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang meliputi analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda, analisis koefisien determinasi dan berganda, analisis uji hipotesis uji t dan uji f. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for windows version 25. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT Surya Semesta Internusa Tbk. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memyimpulkan bahwa: 1) Return on Asset (ROA) di PT Surya Semesta Internusa Tbk secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return Saham dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.4%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung < ttabel dengan nilai 0.189 ≤ 2.262 maka H0 diterima dan Ha ditolak. 2) Operating Profit Margin (OPM) di PT Surya Semesta Internusa Tbk secara parsial berpengaruh berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap Return Saham dengan koefisien determinasi sebesar 0.2%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan nilai nilai thitung < ttabel dengan nilai nilai -0.142 ≤ 2.262 maka H0 diterima dan Ha ditolak. 3) Secara simultan, Return on Asset (ROA) dan Operating Profit Margin (OPM) di PT Surya Semesta Internusa Tbk tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham dengan nilai koefisien determinasi sebesar 2.4%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan nilai Fhitung < Ftabel dengan hasil 1.071 ≤ 4.74. maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return on Asset (ROA); Operating Profit Margin (OPM); Return Saham.
Subjects: Econmics
Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Zulfikar Fajar Perkasa
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:44
Last Modified: 13 Mar 2020 06:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30281

Actions (login required)

View Item View Item