Analisis Manajemen Pembiayaan SMP Al-Irsyad Al-Islamiyah Pemalang

Rokhim, Abdul and Aliyan, Adi and Hidayat, Ara (2019) Analisis Manajemen Pembiayaan SMP Al-Irsyad Al-Islamiyah Pemalang. Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 5 (2). pp. 114-133. ISSN 2550-1038

[img]
Preview
Text
Dirasat_ManajemenPembiayaan.pdf

Download (381kB) | Preview
Official URL: http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/dirasat...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang konperehensif mengenai manajemen pembiayaan di SMP Al-Irsyad Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber datanya terdiri dari kepala sekolah, guru senior, ketua komite, dan siswa. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara terstruktur dan mendalam, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan melakukan member cek, kecukupan referensi, dan melakukan triangulasi. Hasil kesimpulannya adalah sebagai berikut. Pertama, perencanaan pembiayaan di Sekolah Menengah Pertama Al-Irsyad Pemalang telah dilakukan dengan baik oleh Tim Manajemen BOS sekolah Adapun perencanaan pengelolaan pembiayaan di SMP Al-Irsyad Pemalang dibuat pada saat penyusunan Rencana Anggaran Belanja Sekolah (RAPBS) dengan proses penyusunan yang dilakukan oleh tim yang sudah dibentuk diawali dengan EDS, dengan melibatkan seluruh komponen sekolah sesuai dengan petunjuk. Kedua, efektifitas pelaksanaanpembiayaan di Sekolah Menengah Pertama Al-Irsyad telah dilaksankan secara efektif dengan melibatkan guru dan komite sekolah. Ketiga, pengawasan pembiayaan di Sekolah Menengah Pertama Al-Irsyad Pemalang dilakukan oleh instansi terkait seperti dari Inspektorat pusat dan daerah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: manajemen, pembiayaan
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Jajang Burhanudin
Date Deposited: 23 Mar 2020 15:48
Last Modified: 23 Mar 2020 15:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30330

Actions (login required)

View Item View Item