Penerapan model pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas x di MA Ar-rosyidiyah Bandung pada materi dinamika partikel

Aulia, Astri Nafa (2018) Penerapan model pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas x di MA Ar-rosyidiyah Bandung pada materi dinamika partikel. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (2).pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) . Pelaksanaan penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya ketercapaian maksimal hasil belajar peserta didik pada materi dinamika partikel kelas X MIA MA Ar-Rosyidiyah Bandung. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE). Desain penelitian ini adalah one-group-pretest-postest design dengan subjek penelitian 34 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga pertemuan dengan materi dinamika partikel. Masing-masing pertemuan terdiri dari tiga tahap: (1) tahap persiapan; (2) tahap eksplorasi; (3) tahap presentasi. Penerapan model Group to Group Exchange (GGE) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar peserta didik aspek kognitif dari nilai rata-rata pretest sebesar 15.00 menjadi 40.00 pada postest. Untuk aktivitas peserta didik seluruh pertemuan diperoleh rata-rata presentase sebesar 83% berada pada kategori baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model Group to Group Exchange (GGE) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi dinamika partikel di kelas X MA Ar-Rosyidiyah Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Group to Group Exchange (GGE); kemampuan kognitif; dinamika partikel; hasil belajar;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: astri aulia
Date Deposited: 05 Mar 2021 07:13
Last Modified: 05 Mar 2021 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30340

Actions (login required)

View Item View Item