Pengaruh pendapatan margin murabahah dan bagi hasil musyarakah terhadap laba operasional PT.Bank Bjb Syariah periode 2012-2014

Taop, Taop (2017) Pengaruh pendapatan margin murabahah dan bagi hasil musyarakah terhadap laba operasional PT.Bank Bjb Syariah periode 2012-2014. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa secara garis besar bank syariah dalam menyalurkan dananya pada nasabah mengeluarkan produk pembiayaan syariah yang terbagi ke dalam empat kategori yang dibedakan berdasarkan tujuan penggunaanya, yaitu: pembiayaan dengan prinsip jual-beli, pembiayaan dengan prinsip sewa, pembiayaan dengan prinsip bagi hasil, dan pembiayaan dengan akad pelengkap. Dengan adanya pembiayaan tersebut diharapkan mampu memacu masyarakat Indonesia untuk bisa menciptakan usaha dan mampu mengembangkannya. Dalam kenyataannya masyarakat khususnya di daerah Jawa Barat dan Banten, masih sulit mengembangkan usahanya karena faktor permodalan dan dalam penyedian barang. Bank BJB Syariah muncul sebagai salah satu bank syariah di Indonesia untuk melayani masyarakat dengan sistem syariah tanpa adanya bunga riba.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis; 1) besar pengaruh pendapatan margin pembiayaan murabahah terhadap laba operasional di PT. Bank BJB Syariah; 2) besar pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan musyarakah terhadap laba operasional di PT. Bank BJB Syariah; 3) besar pengaruh margin pembiayaan murabahah dan bagi hasil pembiayaan musyarakah terhadap laba operasional di PT. Bank BJB Syariah. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial dan simultan yaitu anailisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, koefisien determinasi (Kd), pengujian signifikansi koefisien korelasi (uji t dan uji f). Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa Hasil uji t dengan menggunakan analisis regresi liner sederhana memperoleh nilai thitung sebesar 3,013 sedangkan diperoleh ttabel dengan df = 10 sebesar 2,228, dari hasil tersebut nilai thitung > ttabel (3,013> 2,228) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat dikatakan bahwa pendapatan margin murabahah berpengaruh posistif signifikan terhadap laba operasional, hasil uji t dengan menggunakan analisis regresi liner sederhana memperoleh nilai thitung sebesar 6,049 sedangkan diperoleh ttabel dengan df = 10 sebesar 2,228, dari hasil tersebut nilai thitung > ttabel (6,049 > 2,228) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat dikatakan bahwa pendapatan bagi hasil musyarakah berpengaruh positif signifikan terhadap laba operasional, dan Hasil uji f dengan menggunakan analisis regresi berganda memperoleh nilai fhitung sebesar 18,533 sedangkan diperoleh ftabel dengan (3-1)(12-3) = (2)(9) sebesar 4,26, dari hasil tersebut fhitung > ftabel (18,533> 4,26) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat dikatakan bahwa pendapatan margin murabahah dan bagi hasil musyarakah berpengaruh positif signifikan terhadap laba operasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendapatan; margin murabahah; bagi hasil musyarakah; laba operasional
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 31 Mar 2020 09:13
Last Modified: 31 Mar 2020 09:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30391

Actions (login required)

View Item View Item