Pemberitaan intimidasi wartawan tribunjabar.com: Studi analisis Framing Robert N Entman mengenai pemberitaan intimidasi wartawan di tribunjabar.com edisi 20 September – 5 Oktober 2016

Wenda, Sri (2017) Pemberitaan intimidasi wartawan tribunjabar.com: Studi analisis Framing Robert N Entman mengenai pemberitaan intimidasi wartawan di tribunjabar.com edisi 20 September – 5 Oktober 2016. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Pemberitaan Intimidasi Wartawan menjadi headline utama di Media Online TribunJabar.com. penyebab pemberitaan tersebut dari penulisan berita yang ditulis zezen, wartawan Tribun Jabar dengan judul “Menpora Ingatkan PB PON, Hati – hati Gunakan Dana jangan sampai PB PON Riau Terulang”. Wartawan tersebut mendapat intimidasi dari seseorang yang mengaku dari seorang LSM dan Ormas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendifinisian masalah, memperkiraan masalah, penilaian moral, serta penyelesaian masalah media online TribunJabar.com dalam pemberitaan intimidasi wartawan.serta hal apakah yang membuat pemberitaan tersebut menarik peminat pembaca. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan yaitu analisis framing model Robert, N Entman. Analisis framing secara sederhana dapat digambarkan sebagai analisis untuk mengetahui bagaimana sebuah peristiwa dan apa saja yang ada di dalamnya dibingkai oleh media. Dengan cara mengetahui identifikasi masalah, identifikasi penyebab masalah, evaluasi moral dan penyelesaian masalah. Serta dapat diketahui dengan seleksi isu dan penonjolan isu yang ada dalam pemberitaan. Hasil penelitian bahwa(1)Redaksi Tribun Jabar sangat mendukung peristiwa intimidasi terselesaikan(2)Penyebab wartawan diintimidasi karena penulisan berita tentang penggunaan dana menjadi hal yang sensitif(3)Tokoh– tokoh politik yang berkaitan penyelenggaraan PON mendukung penyelesaian peristiwa intimidasi wartawan(4)Proses penyelidikan masih berlanjut, serta pihak Tribun Jabar tidak akan mencabut laporan sebelum mendapatkan pelaku yang mengintimdasi wartawannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemberitaan; intimidasi; berita; media online
Subjects: Data Processing, Computer Science > Internet (World Wide Web)
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:13
Last Modified: 31 Mar 2020 15:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30392

Actions (login required)

View Item View Item