Dampak dan pencegahan wabah Covid-19: Perspektif Sains dan Islam

Rifa’i, Ilyas and Irwansyah, Ferli Septi and Sholihah, Mar’atus and Yuliawati, Astri Dampak dan pencegahan wabah Covid-19: Perspektif Sains dan Islam. Jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full Text)
Artikel Karya Tulis Ilmiah_Ilyas dkk.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Pada awal tahun 2020 WHO telah menetapkan COVID-19 sebagai wabah pandemik global. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan tentang pandemik COVID-19 dari aspek penyebab, mekanisme infeksi, dampaknya terhadap lingkungan dan satwa liar, serta memberikan solusi juga pencegahan dari perspektif Islam. Metode penulisan artikel ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik library research, systematic literature review, dan studi pustaka. Kajian atas literatur atau studi pustaka ini menunjukkan bahwa COVID-19 disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2) yang memiliki mekanisme infeksi tersendiri terhadap manusia. Memberikan gambaran tentang dampak positif COVID-19 terhadap pengurangan emisi polusi udara melalui pencitraan satelit pada beberapa negara yang terkena wabah. Namun pada aspek pengaruhnya terhadap satwa liar khususnya perdagangan satwa liar, wabah COVID-19 ini belum bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap penurunan perdagangan satwa liar tersebut. Ajaran Islam pun telah memberikan solusi dan pencegahan dalam menghadapi wabah atau pandemik seperti ini, diantaranya adalah dengan melakukan karantina diri serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: COVID-19; Islam; Lingkungan; Perdagangan Satwa liar
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Microorganisms > Viruses
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ferli Septi Irwansyah
Date Deposited: 29 Apr 2020 01:09
Last Modified: 09 Dec 2020 00:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30549

Actions (login required)

View Item View Item