Tipologi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring

Ramdhan, Dadan and Nasihudin, Pono and Rohaniawati, Dede and Pratiwi, Inne (2020) Tipologi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring. In: KTI LP2M, 1 Mei 2020, Bandung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Ful Text)
Artikel KTI dadan f ramdhan dkk .pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan belajar yang dihadapi oleh mahasiswa pada saat pembelajaran daring di masa penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah tidak sedikit mahasiswa yang merasa tidak terlalu nyaman dengan pembelajaran online. Artikel ini bertujuan untuk memetakan tipe belajar mahasiswa pada saat pembelajaran daring terutama pada empat aspek yakni pola belajar, pola mengerjakan tugas, kebiasaan dan alat bantu. Penelitian ini harapkan dapat memberikan kontribusi terhadap para dosen, fakultas, perguruan tinggi dan umumnya pembuat kebijakan dalam menyusun, merancang dan mengembangkan sistem pembelajaran online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif dimana populasi atau sampel sebagai objek penelitian dan sifatnya hanya untuk mengetahui satu variabel tanpa membandingnya dengan variabel lain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuosioner dimana peneliti menyusun instrumen pertanyaan yang terkait dengan tipologi belajar yang terdiri dari visual, auditorial dan kinestetik pada pembelajaran daring yang berfokus pada pola belajar, pola mengerjakan tugas, kebiasaan dan alat bantu. Selanjutnya, data ini dianalisis dengan menggunakan statistik. Objek penelitian ini berjumlah 111 orang mahasiswa aktif baik laki-laki maupun perempuan yang berada di jurusan PGMI UIN Bandung-Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa tipologi belajar yang banyak mendominasi pada pola belajar dan pola mengerjakan tugas adalah tipe visual masing-masing berjumlah 72,1% dan 66,7%. Sedangkan pada kebiasaan mahasiswa, aspek auditorial paling banyak persentasenya yakni sebanyak 70%. Adapun tipe kinestetik memiliki persentase yang rendah karena jarangnya aktivitas ini dilakukan dalam pembelajaran daring sehingga jumlahnya tergolong sedikit.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Auditorial; Kinestetik; Visual; Madrasah Ibtidaiyah; e-learning
Subjects: Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DR. Dadan F Ramdhan
Date Deposited: 01 May 2020 01:14
Last Modified: 01 May 2020 01:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30594

Actions (login required)

View Item View Item