Pembelajaran kimia sistem daring di masa pandemi Covid-19 bagi generasi Z

Farida, Ida and Rahmawati, Risa and Aisyah, Riri and Helsy, Imelda (2020) Pembelajaran kimia sistem daring di masa pandemi Covid-19 bagi generasi Z. KTI Massa WHF Pandemi Covid-19. (In Press)

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
KTI FIX=Ida Farida, dkk-P Kimia.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (620kB) | Preview

Abstract

Di masa Pandemi Covid-19 telah terjadi perubahan mendasar dalam pelaksanaan pembelajaran kimia. Perkuliahan tatap muka dan praktek di laboratorium untuk mengakomodasi keterhubungan tiga level representasi tidak lagi dapat dilaksanakan. Pembelajaran digantikan secara penuh melalui pembelajaran online atau daring (dalam jaringan) Mahasiswa sebagai generasi Z berupaya mengadaptasi konsidi tersebut dengan menempuh berbagai mode pembelajaran. Penelitian dengan menggunakan studi deskriptif ini dilakukan untuk menelusuri bagaimana kinerja mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran kimia di masa Pandemi Covid-19. Subyek penelitian adalah 198 mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner online yang terdiri dari 20 butir pertanyaan dengan option jawaban dan alasan pemilihan jawaban. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: mahasiswa sebagian besar melaksanakan dengan baik pembelajaran kimia secara daring dengan menggunakan berbagai platform pembelajaran. Tingkat partisipasi dan semangat mahasiswa untuk menguasai konten pembelajaran, mengerjakan tugas-tugas dan ujian online cukup tinggi. Ditinjau dari segi pemahaman, belum semua mahasiswa dapat beradaptasi untuk mengakses konten pembelajaran kimia dengan baik. Kesulitan pada konten yang berkaitan dengan perhitungan, reaksi-reaksi dan aspek submikroskopik. Faktor-faktor yang menghambat a.l: ketersediaan jaringan internet, platform E-learning yang eror dan media pembelajaran belum mengakomodasi gaya belajar dan lingkungan tempat belajar yang kurang kondusif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kimia daring; pandemi Covid-19; Generasi Z; calon guru Kimia;
Subjects: Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dr Ida Farida
Date Deposited: 02 May 2020 11:26
Last Modified: 02 May 2020 11:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30636

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item