Analisis Gamifikasi pada Kahoot! menggunakan Octalysis audit

Ramdania, Diena Rauda and Maylawati, Dian Sa'adillah and Ramdhani, Muhammad Ali Analisis Gamifikasi pada Kahoot! menggunakan Octalysis audit. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (untuk KTI Dosen UIN Bandung pada Masa WFH Covid-19)
Octalysis Audit.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Sejak dirilis pada tahun 2013, sebanyak 3,2 Milyar orang di seluruh dunia telah menggunakan Kahoot!. Berbagai topik dengan multi bahasa telah dibuat hingga sedikitnya terdapat 200 Milyar game didalamnya. Angka yang sangat tinggi untuk sebuah aplikasi berbasis pendidikan. Mengapa Kahoot! begitu menarik? Penelitian ini bertujuan menganalisis unsur gamifikasi yang terdapat pada Kahoot!. Metode yang digunakan adalah Octalysis Audit yang menganalisis delapan sisi psikologi game, yaitu: makna (meaning), pencapaian (accomplishment), pemberdayaan (empowerment), kepemilikan (ownership), pengaruh sosial (social influence), kelangkaan (scarcity), ketidakpastian (unpredictability), dan penghindaran (avoidance). Hasil penelitian menunjukkan, Kahoot! memperoleh nilai sebesar 530 dalam Octalysis. Hal ini menunjukkan keseimbangan yang baik antara motivasi positif dan negatif. Selain itu, Kahoot juga memiliki keseimbangan antara motivasi Intristik dan ekstrinstik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: gamifikasi; kahoot; octalysis audit;
Subjects: Special Computer Methods > Multimedia Systems
Education
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Dian Sa'adillah Maylawati
Date Deposited: 02 May 2020 13:16
Last Modified: 02 May 2020 13:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30639

Actions (login required)

View Item View Item