Komunikasi Pelayanan Publik Perspektif Psikologi Komunikasi

Hoerudin, Cecep Wahyu and Maolani, Dedeng Yusuf and Abdal, Abdal and Laksana, Muhibudin Wijaya (2020) Komunikasi Pelayanan Publik Perspektif Psikologi Komunikasi. [Teaching Resource] (Submitted)

[img]
Preview
Text (Karya Tulis Ilmiah Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung selama masa WFH Covid-19)
KTI_PSIKOLOGI KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK_2020.pdf - Submitted Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Diperlukan pendekatan yang humanis, yang lebih memperhatikan sisi kemanusiaan dalam pelayanan publik. Pendekatan humanis dalam pelayanan publik ditandai oleh adanya komunikasi yang efektif. Tulisan ini merupakan kajian teoritis mengenai perspektif psikologi dalam komunikasi pelayanan publik. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan. Komunikasi efektif dalam pelayanan publik ditentukan oleh faktor perilaku petugas dan penerima layanan. Persepsi merupakan faktor utama dalam mewujudkan efektivitas komunikasi dalam pelayanan publik. Kemampuan empati menjadi strategi yang efektif dalam menghadapi perbedaan persepsi antara petugas layanan dan penerima layanan. Petugas layanan akan memiliki kompetensi komunikasi efektif jika memiliki ethos komunikator dan kemampuan mengorganisasikan pesan.

Item Type: Teaching Resource
Uncontrolled Keywords: komunikasi efktif; pelayanan publik; psikologi komunikasi;
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Public Administration > General Publications of Public Administration
Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Muhibudin Wijaya Laksana
Date Deposited: 03 May 2020 12:44
Last Modified: 10 Jul 2020 02:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30679

Actions (login required)

View Item View Item