Literasi digital mahasiswa calon guru biologi dalam menyusun bahan ajar berbasis audio visual

Sa'adah, Sumiyati and Maryanti, Sri and Maspupah, Meti and Mas'ud, Asrianty (2020) Literasi digital mahasiswa calon guru biologi dalam menyusun bahan ajar berbasis audio visual. In: KTI masa WFH LP2M, 2 Mei 2020, Bandung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
LITERASI DIGITAL MAHASISWA DALAM MENYUSUN BAHAN AJAR.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Teknologi digital memainkan peran penting di era digital, dan telah menjadi bagian yang terintegrasi dengan dunia pendidikan, sehingga mengubah cara siswa belajar. Oleh karena itu, literasi Digital merupakan keterampilan utama Abad 21 yang harus dimiliki oleh calon guru. Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan literasi digital mahasiswa calon guru biologi dalam menyusun bahan ajar berbasis audio visual. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara menganalis secara deskriptif video pembelajaran yang buat oleh mahasiswa calon guru biologi FTK UIN SGD Bandung yang mengikuti mata kuliah media dan TIK biologi yang diunggah di youtube. Analisis yang dilakukan mengacu kepada indikator literasi digital yang meliputi literasi informasi dan data, komunikasi dan kolaborasi, pembuatan konten digital, kemanan, dan pemecahan masalah. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru biologi FTK UIN SGD Bandung yang mengikuti mata kuliah media dan TIK biologi sudah memiliki literasi digital, namun masih membutuhkan bimbingan dan penguatan, misalnya dari aspek pembuatan konten digital dan pemecahan masalah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: audio visual;calon guru biologi;literasi digital;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dr Sumiyati Sa'adah
Date Deposited: 03 May 2020 15:06
Last Modified: 03 May 2020 15:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30681

Actions (login required)

View Item View Item