Suryana, Yaya and Sanusi, Hary Priatna and Hermawan, A. Heris and Hidayat, Wahyu Manajemen pembelajaran daring berbasis empati untuk pemeliharaan motivasi belajar daring mahasiswa dalam situasi wabah Covid-19. In: Penulisan Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Masa Work From Home Tahun 2020. (Unpublished)
|
Text
KTI Naskah Final1 Kel YHAW.pdf Download (448kB) | Preview |
Abstract
Situasi penanganan wabah Covid-19 di dunia, berimplikasi pada pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia mulai pertengahan Maret 2020. Diantara implikasinya secara teknis perguruan tinggi mengganti kuliah tatap muka dengan model pembelajaran secara daring. Kajian ini bertujuan untuk membahas tentang korelasi antara manajemen pembelajaran daring berbasis empati dengan pemeliharaan motivasi belajar mahasiswa secara daring dalam situasi wabah Covid-19 di Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dengan desain Mixed methods research. Pendekatan kualitatif menggunakan kuesioner untuk pengumpulan datanya, dan dianalisis secara deskriptif. Pendekatan kuantitatif menggunakan teknik kuesioner sebagai alat pengumpul data, dan dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial korelasioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) hasil analisis kualitatif terhadap pendapat 24 orang dosen mengenai implementasi manajemen pembelajaran daring berbasis empati di Jurusan MPI terlaksana dengan baik; b) Hasil analisis kuantitatif secara parsial terhadap variable manajemen pembelajaran daring berbasis empati menurut pendapat 121 orang mahasiswa termasuk katagori baik cenderung cukup; c) Motivasi belajar daring mahasiswa dalam situasi wabah Covid-19 termasuk katagori baik; d) Analisis statistik menunjukkan angka korelasi 0,42 antara manajemen pembelajaran daring berbasis empati dengan motivasi belajar mahasiswa dalam situasi wabah covid-19 termasuk katagori korelasi sedang; dengan angka persentase pengaruh sebesar 16,1 %, hal ini berarti 83,8 % motivasi belajar daring mahasiswa dalam situasi wabah covid-19 dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran daring berbasis empati berkorelasi sedang terhadap pemeliharaan motivasi belajar daring mahasiswa dalam situasi wabah Covid-19.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | empati; manajemen; motivasi; pembelajaran-daring |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hary Priatna Sanusi |
Date Deposited: | 04 May 2020 03:09 |
Last Modified: | 04 May 2020 03:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30698 |
Actions (login required)
View Item |