Manajemen pembelajaran daring berbasis empati untuk pemeliharaan motivasi belajar daring mahasiswa dalam situasi wabah Covid-19‎

Suryana, Yaya and Sanusi, Hary Priatna and Hermawan, A. Heris and Hidayat, Wahyu Manajemen pembelajaran daring berbasis empati untuk pemeliharaan motivasi belajar daring mahasiswa dalam situasi wabah Covid-19‎. In: Penulisan Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Masa Work From Home Tahun 2020. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
KTI Naskah Final1 Kel YHAW.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Situasi penanganan wabah Covid-19 di dunia, berimplikasi pada pembelajaran di perguruan ‎tinggi di Indonesia mulai pertengahan Maret 2020. Diantara implikasinya secara teknis ‎perguruan tinggi mengganti kuliah tatap muka dengan model pembelajaran secara daring. ‎ Kajian ini bertujuan untuk membahas tentang korelasi antara manajemen pembelajaran ‎daring berbasis empati dengan pemeliharaan motivasi belajar mahasiswa secara daring ‎dalam situasi wabah Covid-19 di Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah ‎dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. ‎ Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dengan desain Mixed methods research. ‎Pendekatan kualitatif menggunakan kuesioner untuk pengumpulan datanya, dan dianalisis ‎secara deskriptif. Pendekatan kuantitatif menggunakan teknik kuesioner sebagai alat ‎pengumpul data, dan dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial korelasioner. ‎ Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) hasil analisis kualitatif terhadap pendapat 24 orang ‎dosen mengenai implementasi manajemen pembelajaran daring berbasis empati di Jurusan ‎MPI terlaksana dengan baik; b) Hasil analisis kuantitatif secara parsial terhadap variable ‎manajemen pembelajaran daring berbasis empati menurut pendapat 121 orang mahasiswa ‎termasuk katagori baik cenderung cukup; c) Motivasi belajar daring mahasiswa dalam situasi ‎wabah Covid-19 termasuk katagori baik; d) Analisis statistik menunjukkan angka korelasi ‎‎0,42 antara manajemen pembelajaran daring berbasis empati dengan motivasi belajar ‎mahasiswa dalam situasi wabah covid-19 termasuk katagori korelasi sedang; dengan angka ‎persentase pengaruh sebesar 16,1 %, hal ini berarti 83,8 % motivasi belajar daring ‎mahasiswa dalam situasi wabah covid-19 dipengaruhi oleh faktor lain. ‎ Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran daring berbasis ‎empati berkorelasi sedang terhadap pemeliharaan motivasi belajar daring mahasiswa dalam ‎situasi wabah Covid-19.‎

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Uncontrolled Keywords: empati; manajemen; motivasi; pembelajaran-daring
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hary Priatna Sanusi
Date Deposited: 04 May 2020 03:09
Last Modified: 04 May 2020 03:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30698

Actions (login required)

View Item View Item