Dampak pembelajaran daring terhadap penguatan literasi informasi dalam budaya akademik mahasiswa

Nursobah, Asep and Dedih, Ujang and Hapid, Hapid and Nurhamzah, Nurhamzah Dampak pembelajaran daring terhadap penguatan literasi informasi dalam budaya akademik mahasiswa. Discussion Paper. Hasil Telusur Hasil web Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full Text)
KTI WFH.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Kebijakan social distancing pada masa Pandemi Virus Corona (Covid-19) secara langsung sangat berdampak kepada dunia pendidikan. Hal tersebut mengakibatkan adanya perubahan dramatis terhadap paradigma dalam pembelajaran. Pembelajaran dari konvensional ke pembelajaran daring. Perubahan pembelajaran tersebut merupakan keadaan yang mengharuskan memasuki literasi informasi dalam budaya akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap literasi informasi dalam budaya akademik sebagai dampak dari pembelajaran daring pada masa Pandemi Virus Corona (Covid-19). Penelitian ini menggunakan metode survei melalui surat elektronik (email) dengan mengajukan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan drastis pembelajaran dari konvensional ke daring tidak berdampak signifikan terhadap penguatan literasi digital dalam budaya akademik yang meliputi kemampuan memperoleh, mengevaluasi, dan mengorganisasikan informasi untuk kepentingan akademik secara kreatif, kritis, dan percaya diri. Hal ini lebih disebabkan adanya perubahan budaya akademik secara drastis yang harus diterima mahasiswa. Perubahan dari pembelajaran konvensional, yaitu tatap muka di kelas harus beralih ke pembelajaran daring yang tidak bisa ditolak karena mengikuti kebijakan sosial distancing yang diwujudkan dalam work from home (WFH) dan belajar di rumah, namun kurang diikuti oleh kesiapan saran dan prasarana serta keterampilan teknis baik di kalangan mahasiswa maupun dosen.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Uncontrolled Keywords: Budaya Akademik; Literasi Informasi; Pembelajaran Daring
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurhamzah Nurhamzah Nurhamzah
Date Deposited: 31 May 2020 14:19
Last Modified: 31 May 2020 14:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30701

Actions (login required)

View Item View Item