Muchtar, Khoiruddin (2010) Aktualisasi Diri dalam Kompetisi Calon Legislatif. Jurnal Aldi"ayah, 3 (3). pp. 63-74. ISSN 1693-2188
|
Text
Khoiruddin Muchtar. Aktualisasi dalam Kompetisi Calon Legislatif.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Perjalanan demokrasi kita banyak mengalami pasang surut. Reformasi merupakan babak baru dibukanya kesempatan bagi masyarakat untuk berkiprah secara bebas dalam berpolitik. Kesempatan ini betul-betul dimanfaatkan oleh para aktifis politik untuk mengaktualisasikan obsesi dan harapan-harapannya. Kemunculan partai politik yang jumlahnya cukup banyak menimbulkan persaingan-persaingan yang cukup tajam, terutama dalam merebutkursi anggota DPR. Persaingan tersebut memompa motivasi para caleg untuk berkompetisi merekrut pemilih sebanyak-banyaknya, mereka melakukan berbagai upaya untuk mencapai tujuannya. Pentas politik kita menjadi semarak dengan berbagai gambar caleg di berbagai sudut kota, namun bila diamati, promosi tersebut belum terlihat efektifitasnya secara jelas terhadap sasaran pemilih. Masa tidak mudah begitu saja memilih hanya dengan melihat gambar-gambar promosi diri yang terpampang di pinggir-pinggir jalan. seorang caleg tentunya perlu membentuk pencitraan dengan strategi-strategi lain, sehingga pemilih betul-betul punya keyakinan untuk memilih. Promosi diri pada prinsipnya merupakan suatu upaya untuk menjual atau memasarkan dirinya kepada khalayak, maka promosi diri perlu memperhatikan prinsip-prinsip komunikasi pemasaran. dalam kontek komunikasi pemasaran, kredibilitas caleg sangat berpengaruh terhadap daya tarik khalayak, sehingga caleg harus betul-betul mempersiapkan penampilan komunikasinya dihadapan halayak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Political Ethics |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Khoiruddin Muchtar |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 09:45 |
Last Modified: | 23 Mar 2017 09:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/3075 |
Actions (login required)
View Item |