Personalized Learning: Tantangan pengembangan LMS di era pendidikan 4.0

Aditia Gerhana, Yana and Taupik Kurahman, Opik and Lukman, Nur and Rialdy Atmadja, Aldy (2020) Personalized Learning: Tantangan pengembangan LMS di era pendidikan 4.0. In: Karya Tulis Ilmiah LP2m UIN SGD Bandung. (Submitted)

[img]
Preview
Text (Full Text)
KTI - PERSONALIZED LEARNING.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menghadapi tantangan pendidikan 4.0, perubahan paradigma pendidikan perlu dilakukan sebagai upaya merespon setiap perubahan lingkungan pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang tantangan perubahan LMS di era pendidikan 4.0. Pembahasan fokus kepada tiga faktor yang mempengaruhi pengembangan LMS di era pendidikan 4.0. faktor kebijakan, big data dan manajemen pengetahuan, dan infrastruktur teknologi. Review jurnal digunakan sebagai metode pemabahasan penelitian yang berkaitan dengan tujuan penulisan. Jumlah jurnal yang di review sebanyak 21 jurnal, dengan 3 pembagian pokok bahasan, pendidikan 4.0, personalized learning dan learning analytics. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa perubahan paradigma dalam pengembangan LMS di era pendidikan 4.0, meliputi pengembangan personalized learning yang didukung oleh pemanfaatan big data dan manajemen pengetahuan. Pengembangan infrastruktur teknologi ubiquitous learning perlu dilakukan sebagai respon berkembanya perangkat digital pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: AI dan Big Data; Infrastruktur Teknologi; LMS; Pendidikan 4.0; Ubiquitous Learning
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: M.Kom Nur Lukman
Date Deposited: 06 May 2020 03:31
Last Modified: 06 May 2020 03:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30863

Actions (login required)

View Item View Item