Tindakan Bank Sampah Bersinar dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pengelolahaan sampah: Studi deskripsi masyarakat Bojongsoang, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung

Bulan, Siti Resa Sari (2019) Tindakan Bank Sampah Bersinar dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pengelolahaan sampah: Studi deskripsi masyarakat Bojongsoang, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover-converted (1).pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-converted (1).pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi-converted (1).pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I-converted (1).pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2-converted (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3-converted (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4-converted (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5-converted (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka-converted (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan paradigma masyarakat mengenai sampah perlu dilakukan secara berkelanjutan. Edukasi kesadaran dan keterampilan warga untuk pengelolahan sampah dengan penerapan prinsip reduce, reuse, recycle (3R) penting dalam menyelesaikan masalah sampah sejak dari sumbernya . Bank sampah berbasiskan prinsip partisipasi warga perempuan merupakan modal sosial dan pengelolahan berbasis masyarakat. Pemberdayaan warga melalui kegiatan penyuluhan, edukasi, pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Partisipasi dan kepedulian masyarakat Bojongsoang terhadap pengelolahan sampah melalui bank sampah di desa Bojongsoang Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. 2). Tindakan Bank Sampah Bersinar dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Desa Bojongsoang Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan adalah teori Tindakan Sosial yang diperkenalkan oleh Max Weber mengenai tindakan sosial yang diklasifikasikan kedalam empat kelompok tindakan sosial yaitu: 1). Rasional Intrumental ; 2). Rasional Nilai ; 3). Tindakan Afektif, 4). Tindakan Tradisional. Menurut Max suatu Tindakan sosial akan dipengaruhi oleh alat, kondisi situasi, norma dan juga sistem budaya yang ada di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Artinya peneliti mencoba mengambarkan situasi dan kondisi yang sebenarnya dilapangan. Sumber primer penelitiannya adalah manajer bank sampah bersinar, Kader ibu PKK, staff produksi bank sampah bersinar, masyarakat yang ikut terlibat dalam keanggotaan bank sampah maupun yang tidak telibat didalamnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi,wawancara mendalam, dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan tindakan bank sampah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat lebih banyak terjadi pada tingkat instansi pendidikan sebesar 50% mulai dari tingkat TK, SD,SMP,SMA dan Pesantren; sedangkan 30% di tingkat perusahaan industri ; 20% di tingkat reguler (nasabah individu). Bank sampah bersinar belum sepenuhnya menetapkan prosedur pelaksanaan 3R dalam proses daur ulang sampah karena bank sampah bersinar hanya sebagai penampung jenis sampah kering yang kemudian dijual kembali ke perusahaan industri..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tindakan masyarakat; partisipasi; pengelolahan sampah
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Siti Resa Saribulan
Date Deposited: 10 Jun 2020 01:54
Last Modified: 22 Jun 2020 01:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31180

Actions (login required)

View Item View Item