Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Price to Book Value (PBV) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang listing di Jakarta Islamic Index (JII) Studi Kasus PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Periode 2009-2018

Siregar, Endang Satriani (2020) Pengaruh Return On Equity (ROE) dan Price to Book Value (PBV) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang listing di Jakarta Islamic Index (JII) Studi Kasus PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Price Earning Ratio (PER) merupakan salah satu indikator analisis fundamental yang paling sering digunakan oleh para analis maupun investor dalam menilai harga saham perusahaan. Price Earning Ratio (PER) adalah rasio yang menunjukkan hasil perbandingan antara harga pasar per lembar saham dengan laba per lembar saham perusahaan. Price Earning Ratio (PER) dipengaruhi oleh Return On Equity (ROE) dan Price to Book Value (PBV). Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana pengaruh Return On Equity (ROE) secara parsial terhadap Price Earning Ratio (PER); (2) mengetahui bagaimana pengaruh Price to Book Value (PBV) secara parsial terhadap Price Earning Ratio (PER); (3) mengetahui bagaimana pengaruh Return On Equity (ROE) dan Price to Book Value (PBV) secara simultan terhadap Price Earning Ratio (PER) pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan apabila Return On Equity (ROE) dan Price to Book Value (PBV) naik dan maka ketertarikan investor terhadap saham perusahaan tersebut juga naik. Hal ini tentunya menyebabkan nilai Price Earning Ratio (PER) juga mengalami kenaikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Analisis data yang digunakan antara lain analisis data uji asumsi klasik, deskriptif dan asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan perhitungan manual dengan microsoft excel 2013 sebagai penunjang dan perhitungan menggunakan SPSS for windows versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Equity (ROE) secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER) dengan kontribusi sebesar 50,09%. Price to Book Value (PBV) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Price Earning Ratio (PER). Secara simultan Return On Equity (ROE) dan Price to Book Value (PBV) berpengaruh positif signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER) dengan kontribusi sebesar 85,159%, sisanya sebesar 14,841% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Equity (ROE); Price to Book Value (PBV); Price Earning Ratio (PER)
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Endang Satriani Siregar
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:32
Last Modified: 16 Jun 2020 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31224

Actions (login required)

View Item View Item