Pengaruh Operating Profit Margin (OPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap return saham pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Timah Tbk. Periode 2009-2018

Ningrum, Selviana (2020) Pengaruh Operating Profit Margin (OPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap return saham pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Timah Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Zaman modern saat ini kondisi perekonomian dan persaingan semakin ketat, perusahaan satu sama lain terus berkompetisi untuk menjadi perusahaan yang terbaik dan memperoleh laba sebesar-besarnya. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya perusahaan membutuhkan sumber dana untuk membiayai kebutuhan aktivitas operasi perusahan, maka dari itu investasi bisa sangat membantu perusahaan maupun investor untuk bisa meraih tujuannya. Dalam penelitian ini menjadikan PT. Timah Tbk. sebagai obyek penelitian. PT. Timah Tbk. terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Seiring perkembangan Operating Profit Margin (OPM) dan Earning Per Share (EPS) yang berpengaruh terhadap laba perusahaan. Faktor tersebut secara teori akan berpengaruh terhadap Return Saham. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return Saham PT. Timah Tbk. secara parsial; untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap Return Saham PT. Timah Tbk. secara parsial; dan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Operating Profit Margin (OPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Return Saham PT. Timah Tbk. secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2009-2018. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, dokumen dan browsing. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan secara parsial Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return Saham adalah thitung dan ttabel yaitu (-0,766 < 2,30600) dengan nilai signifikasi 0,465 > 0,05. Artinya, Operating Profit Margin (OPM) terhadap return saham berpengaruh negatif tidak signifikan. Kemudian secara parsial Earning Per Share (EPS) terhadap Return Saham adalah thitung dan ttabel yaitu (-0,915 < 2,30600) dengan nilai signifikasi 0,387 > 0,05. Artinya, Earning Per Share (EPS) terhadap return saham berpengaruh negatif tidak signifikan. Dan secara simultan Operating Profit Margin (OPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap return saham adalah Fhitung 0,371 dengan tingkat signifikasi 0,703 ≥ 0.05. Artinya, Operating Profit Margin (OPM) dan Earning Per Share (EPS) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Operating Profit Margin (OPM); Earning Per Share (EPS); Return Saham;
Subjects: Econmics
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Selviana Dwi Cahya Ningrum
Date Deposited: 18 Jun 2020 07:54
Last Modified: 18 Jun 2020 07:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31313

Actions (login required)

View Item View Item