Evaluasi pendidikan perspektif Islam : Analisis tafsir QS. Qaff ayat 17-18

Stepanili, Dwitri and Hasbiyalah, Hasbiyalah and Arifin, Bambang Syamsul (2019) Evaluasi pendidikan perspektif Islam : Analisis tafsir QS. Qaff ayat 17-18. Evaluasi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3 (2). pp. 288-300. ISSN ISSN 2580-3387 (print) | ISSN 2615-2886 (online

[img]
Preview
Text
270-881-1-PB.pdf

Download (884kB) | Preview
Official URL: http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/ev...

Abstract

Jurnal ini menjelaskan tentang Evaluasi Pendidikan Perspektif Islam. Penilaian dimaksudkan untuk menetapkan keputusan-keputusan pendidikan, yang terdiri dari perencanaan, pengelolaan, proses dan tindak lanjut pendidikan, baik yang menyangkut perorangan, kelompok maupun kelembagaan. Dalam konteks ini, penilaian dalam pendidikan perspektif Islam bertujuan agar keputusan-keputusan yang berkaitan dengan pendidikan benar-benar sesuai dengan niai-nilai Islami sehingga tujuan pendidikan yang dicanangkan dapat tercapai secara maksimal. Sistem evaluasi ini berdasarkan pada sistem evaluasi yang digariskan oleh Allah SWT, dalam Al-Quran dan dijelaskan dalam Sunah, yang dilakukan Rasulullah SAW dalam proses pembinaan risalah Islamiyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), karena sumber data yang akan digali lebih tertuju kepada studi kepustakaan: yakni naskah-naskah yang tertulis. Oleh karena itu peneliti ini akan menekankan pada pendekatan kualitatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: evaluasi;pendidikan;islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Depositing User: Bambang S Arif
Date Deposited: 06 Dec 2020 13:02
Last Modified: 06 Dec 2020 13:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31330

Actions (login required)

View Item View Item