Pengaruh Total Current Assets dan Total Current Liabilities terhadap Total Equity pada perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Sinar Mas Agro Resources and Technologi Tbk. Periode 2009-2018

Abda'u, Aditya Faisal (2020) Pengaruh Total Current Assets dan Total Current Liabilities terhadap Total Equity pada perusahaan sektor perkebunan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Sinar Mas Agro Resources and Technologi Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan investor untuk berinvestasi yaitu dengan harapan untuk memperoleh keuntungan yang sesuai. Total Equity atau total modal merupakan¬ hak pemilik dana atau pemegang saham atas aset perusahaan, artinya bahwa hak (klaim) pemilik atau pemegang saham atas kekayaan perusahaan diperoleh setelah seluruh kekayaan/seluruh aset yang ada didalam perusahaan dikurangi dengan seluruh kewajiban/seluruh utang perusahaan. Total Equity atau total modal terjadi karena adanya faktor yang mempengaruhi didalamnya, adapun salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan maupun penurunan Total Equity diantaranya Total Current Assets dan Total Current Liabilities. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Total Current Assets secara parsial terhadap Total Equity; 2) Pengaruh Total Current Liabilities secara parsial terhadap Total Equity; 3) Pengaruh Total Current Assets dan Total Current Liabilities secara simultan terhadap Total Equity pada PT. Sinar Mas Agro Resources and Technologi Tbk. Periode 2009-2018. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Total Current Assets (Total Aset Lancar) dan semakin rendah Total Current Liabilities (Total Kewajiban Lancar), maka akan semakin tinggi Total Equity (Total Ekuitas). Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah Total Current Assets dan Total Current Liabilities sebagai variabel independen dan Total Equity sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode deskripif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder runtuun waktu yaitu laporan keuangan PT. Sinar Mas Agro Resources and Technologi Tbk. Periode 2009-2018 yang berasal dari halaman website yang disediakan oleh PT. Sinar Mas Agro Resources and Technologi Tbk yaitu www.smart-tbk.com. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengaruh Total Current Assets secara parsial terhadap Total Equity menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 76.5%; (2) pengaruh Total Current Liabilities secara parsial terhadap Total Equity menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 30.8%; (3) pengaruh Total Current Assets dan Total Current Liabilities secara simultan terhadap Total Equity menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 91.4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Total Current Assets (TCA); Total Current Liabilities (TCL); dan Total Equity (TE)
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Aditya Faisal Abda'u
Date Deposited: 06 Jul 2020 06:35
Last Modified: 06 Jul 2020 06:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31335

Actions (login required)

View Item View Item