Pengaruh Current Ratio (CR) dan Liabilities To Equity Ratio (LER) terhadap Net Margin Ratio (NMR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): studi di PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk periode 2009-2018

Putri, Dian Ramadhani (2020) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Liabilities To Equity Ratio (LER) terhadap Net Margin Ratio (NMR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): studi di PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk periode 2009-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya tingkat profitabilitas yang menjadi daya tarik bagi investor dalam melakukan penanaman modal pada perusahaan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. yang tercermin dalam Net Margin Ratio (NMR). Current Ratio (CR) dan Liabilities To Equity Ratio (LER) merupakan rasio yang digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam menutupi kewajiban jangka pendek serta kewajiban jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Net Margin Ratio (NMR), pengaruh Liabilities To Equity Ratio (LER) secara parsial terhadap Net Margin Ratio (NMR), pengaruh Current Ratio (CR) dan Liabilities To Equity Ratio (LER) secara simultan terhadap Net Margin Ratio (NMR) pada PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. periode 2009-2018. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah ketika perusahaan mampu mengelola kewajiban jangka pendek dan kewajiban jangka panjang dalam kegiatan operasionalnya dengan baik maka Current Ratio (CR) dan Liabilities To Equity Ratio (LER) akan mengalami penurunan sehingga hal tersebut akan meningkatkan Net Margin Ratio (NMR) dan menghasilkan laba yang besar bagi perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan tahunan publikasi PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. periode 2009-2018. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis kuantitatif (analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis uji t dan uji f) dengan didukung pula oleh program SPSS For Windows versi 20.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Margin Ratio (NMR) dengan nilai Koefisien determinasi sebesar 14,5% serta hasil signifikansi t hitung 1,165 < 2,30600 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Liabilities To Equity Ratio (LER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Margin Ratio (NMR) dengan nilai Koefisien determinasi sebesar 58,7% serta hasil signifikansi t hitung -3,369 < t tabel 2,30600 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Secara simultan Current Ratio (CR) dan Liabilities To Equity Ratio (LER) terdapat pengaruh signifikan terhadap Net Margin Ratio (NMR) dengan hasil Fhitung 5,335 > Ftabel 4,74 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai signifikan 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Current Ratio (CR) dan Liabilities To Equity Ratio (LER) terhadap Net Margin Ratio (NMR) pada PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Liabilities To Equity Ratio; Net Margin Ratio
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Dian Ramadhani Putri
Date Deposited: 23 Jun 2020 08:21
Last Modified: 23 Jun 2020 08:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31349

Actions (login required)

View Item View Item