Sopwandin, Iwan (2020) Manajemen pelayanan perpustakaan perguruan tinggi Islam: Penelitian di Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (681kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
Abstract
Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan bagian integral dari kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan di perguruan tinggi. Pelayanan perpustakaan termasuk kedalam pelayanan publik yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada pemustaka. Penelitian yang dilaksanakan di Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan gambaran umum Perpustakaan; 2) menganalisis prosedur pelayanan perpustakaan; 3) menganalisis waktu pelayanan perpustakaan; 4) menganalisis biaya pelayanan perpustakaan; 5) menganalisis produk pelayanan perpustakaan; 6) menganalisis sarana prasarana pelayanan perpustakaan; dan, 7) menganalisis kompetensi petugas pelayanan perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu unisitasi data, kategorisasi data, dan penafsiran data. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara: 1) perpanjangan keikutsertaan; 2) ketekunan pengamatan; 3) Triangulasi; 4) pemeriksaan sejawat; 5) kecukupan bahan referensi; 6) pengecekan anggota; 7) audit untuk kriteria kebergantungan; dan 8) audit untuk kriteria kepastian. Hasil penelitian manajemen pelayanan perpustakaan UIN sunan Gunung Djati Bandung menunjukan bahwa: 1) Terdapat 11 jenis prosedur pelayanan, yaitu: prosedur pelayanan keanggotaan, pelayanan sirkulasi, pelayanan penagihan bahan pustaka, pelayanan majalah jurnal dan surat kabar, pelayanan skripsi, tesis, dan disertasi, pelayanan koleksi khusus, pelayanan fotocopy, pelayanan referensi, penelusuran informasi, pelayanan ekstensi, dan layanan unggah mandiri; 2) Waktu pelayanan langsung di lokasi bagi pemustaka sebanyak 54 jam/minggu. Sedangkan layanan online bisa didapatkan 24 jam nonstop melalui web dan aplikasi perpustakaan; 3) Pelayanan yang memerlukan biaya di perpustakaan, diantaranya: a) layanan foto kopi, sebesar Rp500,- rupiah/halaman, b) layanan pembuatan kartu anggota baru pasca sarjana Rp100.000, c) layanan pembuatan kartu anggota (kehilangan) sebesar Rp25.000, d) Denda keterlambatan sebesar Rp500,-/eksemplar setiap harinya, dan e) Kunjungan non anggota Rp5000,-/kunjungan. Pendapatan tersebut tidak dikelola langsung oleh perpustakaan, tetapi diserahkan ke kas Negara melalui UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sumber biaya perpustakaan berasal dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN); 4) Produk pelayanan perpustakaan, yaitu: a) Produk fisik seperti: mesin Quick Respon Code (QRC) daftar pengunjung, mesin Multi Purpose Station (MPS), kartu anggota berteknologi Radio Frequency Identification (RFID), mesin book drop; b) produk non fisik, yaitu: Web based yang menggunakan perangkat lunak Openbiblio dan Eprints (Lib, katalog online, dan repository); dan Aplikasi, yaitu Decimal Dewey Clasification (DDC); 5) Sarana dan Prasarana perpustakaan Jika ditinjau berdasarkan syarat akreditasi perpustakaan, maka Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung termasuk dalam kategori Unggul (A); 6) Kompetensi petugas pelayanan perpustakaan sudah sesuai dengan standar kompetensi berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, meliputi standar umum, standar isi, dan standar khusus. Salah satu hal yang dapat dijadikan tolak ukur bagi perpustakaan lain pada era 4.0 ini yaitu, produk pelayanan yang sudah berbasis digital sehingga pelayanan menjadi optimal dan memberikan kemudahan bagi pemustaka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pelayanan Perpustakaan; Perguruan Tinggi Islam |
Subjects: | Library and Information Sciences > Library Research Operations, Archieves, Information Centers General Libraries, General Archieves, Information Centers Devoted to General Subjects and Disciplines |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iwan Sopwandin |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 03:51 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 02:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31393 |
Actions (login required)
View Item |