Hadiah lomba kicau burung ditinjau menurut perspektif hukum ekonomi syariah: Studi kasus Bandung Timur Bird Club di Den Jasa Ang Kiaracondong Kota Bandung

Riani, Fitri (2020) Hadiah lomba kicau burung ditinjau menurut perspektif hukum ekonomi syariah: Studi kasus Bandung Timur Bird Club di Den Jasa Ang Kiaracondong Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Bandung Timur Bird Club adalah salah satu komunitas penyelenggara perlombaan kicau burung di Den Jasa Ang Kiaracondong Kota Bandung yang mempunyai program kerja latpres (latihan berprestasi) yang rutin diselenggarakan setiap hari Sabtu. Lomba kicau burung ini menjanjikan hadiah bagi para pemenangnya. Hadiah yang diberikan kepada para pemenang merupakan hasil dari uang yang ditarik dari setiap peserta lomba sebagai uang pendaftaran. Adapun konsep hadiah perlombaan yang diperoleh dari uang setiap para peserta bisa dindikasikan mengandung unsur maysir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan lomba kicau burung di Den Jasa Ang Kiaracondong Kota Bandung dan melakukan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap hadiah lomba kicau burung yang diambil dari hasil uang pendaftaran tiap peserta perlombaan dalam kegiatan latpres (latihan berprestasi) di Den Jasa Ang Kiaracondong Kota Bandung. Kerangka pemikiran dari penelitian ini bahwa dalam suatu perlombaan berhadiah harus memperhatikan prinsip-prinsip dan asas-asas bermuamalah. Dalam penerimaan hadiah tersebut jangan sampai mengandung unsur maysir dimana dalam suatu perlombaan tidak boleh mengambil hadiah dari hasil iuran setiap peserta yang mengikuti perlombaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yang memfokuskan kepada studi kasus yaitu penelitian yang rinci mengenai suatu objek tertentu. Deskriptif Analisis adalah metode penelitian yang ditujukan untuk menjelaskan suatu masalah yang bersifat kasuistik, dengan cara menggambarkan kasus yang sedang diteliti berdasarkan hubungan antara teori dengan kenyataan yang ada di lapangan. Serta mendeskripsikan suatu satuan analisis secara utuh sebagai suatu kesatuan yang terintegrasi. Berdasarkan hasil penelitian dalam lomba kicau burung yang diselenggarakan Bandung Timur Bird Club yaitu pelaksanaan lomba kicau burung dalam acara latpres (latihan berprestasi) merupakan perlombaan kreativitas seseorang dalam melatih burung kesayangannya dan mengharuskan setiap peserta membeli tiket sebagai administrasi pendaftaran. Uang pendaftaran sebagian dialokasikan untuk hadiah bagi para pemenang. Analisis hadiah dalam pelaksanaan lomba kicau burung di Den Jasa Ang Kiaracondong Kota Bandung yang ditinjau menurut perspektif hukum ekonomi syariah belum bisa dikatakan sesuai dengan hukum Islam. Ada tiga poin yang menjadi syarat agar sesuai menurut hukum Islam yaitu hadiah perlombaan dari pihak ketiga, hadiah dari salah satu pihak yang berlomba, dan yang ketiga mengikutsertakan muhallil (pihak ketiga yang mengikuti perlombaan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perlombaan berhadiah; maysir; lomba kicau burung; hukum ekonomi syariah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Aves, Birds > Game Birds
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Fitri Riani
Date Deposited: 25 Jun 2020 06:17
Last Modified: 25 Jun 2020 06:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31404

Actions (login required)

View Item View Item