Penerapan konsep pendidikan islam dalam perspektif K. H. Ahmad Dahlan hubungannya dengan akhlak siswa terhadap keluarga: Penelitian di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Bandung

Rasyadan, M. Faris (2020) Penerapan konsep pendidikan islam dalam perspektif K. H. Ahmad Dahlan hubungannya dengan akhlak siswa terhadap keluarga: Penelitian di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMP Muhammadiyah 8 Kota Bandung, yang menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan konsep pendidikan islam menuurut K.H. Ahmad Dahlan yang terdiri dari pendidikan moral/Akhlak, pendidikan individu dan pendidikan kemasyarakatan. Namun pada pelaksanaanya masih ada peserta didik yang tidak melaksanakan ketiga konsep pendidikan islam K.H. Ahmad Dahlan yang telah dipelajari di sekolah dalam hal akhlak kepada guru, teman bahkan kepada orang tua, jika dipersentasekan peserta didik yang menerapkan konsep pendidikan islam K. H. Ahmad dahlan 65% peserta didik yang telah menerapkan konsep pendidikan islam K.H. Ahmad Dahlan dan 35% peserta didik yang belum menerapkan konsep pendidikan islam K.H. Ahmad Dahlan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui penerapan pendidikan Islam dalam perspektif K.H.Ahmad Dahlan di SMP Muhammadiyah 8 Kota Bandung (2) Untuk mengetahui akhlak peserta didik terhadap keluarga di SMP Muhammadiyah 8 Kota Bandung (3) Untuk mengetahui hubungan penerapan pendidikan Islam dalam perspektif K.H.Ahmad Dahlan dengan akhlak siswa terhadap keluarga di SMP Muhammadiyah 8 Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada suatu pemikiran bahwa dengan menerapkan konsep pendidikan islam K. H. Ahmad Dahlan dapat mempengaruhi akhlak siswa terhadap keluarga. Atas dasar tersebut, diajukan hipotesis bahwa: semakin positif penerapan konsep pendidikan islam dalam prespektif ahmad dahlan diduga berdampak postif pada akhlak siswa terhadap keluarga, begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara mencari mean, modus, standar deviasi, uji normalitas dan uji korelasi. Berdasarkan analisis kuantitatif diperoleh bahwa: (1) Penerapan Pendidikan Islam K. H. Ahmad Dahlan menunjukan kualifikasi tinggi dengan perolehan data angket sebesar 4,11angka ini berada pada interval 3,40 – 4,19. (2) Realitas Akhlak terhadap keluarga menujukan kualifikasi tinggi dengan perolehan rata-rata nilai sebesar 3,90 angka ini berada pada interval 3,40 – 4,19 (3) Hubungan antara penerapan konsep pendidikan islam dalam perspektif K. H. Ahmad Dahlan terhadap akhlak siswa dalam keluarga, termasuk katagori sangat rendah. Hal ini terbukti dengan koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,11. Nilai ini berada pada interval 0,00-0,199 dengan persentase 11% artinya masih ada 89% lain yang mempengaruhi akhlak dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: perbaikam daftar isi
Uncontrolled Keywords: pendidikan islam; K.H Ahmad Dahlan; akhlak; keluarga
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Faris Rasyadan
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:59
Last Modified: 27 Jul 2020 05:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31414

Actions (login required)

View Item View Item