Pengaruh Current Ratio (CR) dan Retrun On Assets (ROA) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT.Elnusa, Tbk 2009-2018

Rosiliyana, Rini (2020) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Retrun On Assets (ROA) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT.Elnusa, Tbk 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_ bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daptarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tujuan investasi yaitu mengharapkan pengembalian (return), Sehingga sebelum melakukan investasi diperlukan sebuah indikator dalam pengambilan keputusan investasi untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi, Salah satunya adalah Earning Per Share (EPS) yang merupakan jumlah laba yang menjadi hak untuk setiap pemegang satu lembar saham biasa . Variabel yang mempengaruhi naik turunya Earning Per Share salah satunya yaitu Current Ratio, Current Ratio (CR) adalah rasio likuiditas yang menunjukan kemampuan untuk membayar kewajiban finansial jangka pendek tepat pada waktunya. Sedangkan Return On Assets adalah ukuran yang menunjukan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan semua aktiva yang dimiliki oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Earning Per Share; 2) Pengaruh Return On Assets secara parsial terhadap Earning Per Share; 3) Pengaruh Current Ratio dan Return On Assets secara simultan terhadap Earning Per Share pada PT.ElnusaTbk. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang meliputi analisis asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda, analisis koefisien determinasi dan berganda, analisis uji hipotesis uji t dan uji f. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for windows version 20 Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT.Elnusa Tbk. Hasil penelitian menunjukan secara parsial antara Current Ratio (CR) terhadap Earning Per Share (EPS) dari pengujian uji t diperoleh thitung<ttabel (0,0105<2,30600) maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya terdapat pengaruh Positif tidak signifikan antara Current Ratio (CR) terhadap Earning Per Share (EPS) di PT Elnusa Tbk. Sedangkan secara parsial antara Return On Assets (ROA) terhadap Earning Per Share (EPS) dari pengujian uji t diperoleh thitung<ttabel (4,974>2,30600), maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif signifikan antara Return On Assets (ROA) terhadap Earning Per Share (EPS) di PT Elnusa Tbk. Serta secara simultan pengaruh Current Ratio (CR) dan Return On Assets (ROA) terhadap Earning Per Share (EPS) di PT Elnusa Tbk. diperoleh Fhitung < Ftabel (16,455> 4,74), maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif signifikan antara Current Ratio (CR) dan Return On Assets (ROA) terhadap Earning Per Share (EPS) di PT Elnusa Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share (EPS);Current Ratio (CR);Retrun On Assets (ROA)
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Fiduciary Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rini Rosiliyana
Date Deposited: 10 Jul 2020 06:42
Last Modified: 10 Jul 2020 06:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31473

Actions (login required)

View Item View Item