Analisis pengaruh Investing Policy Ratio (IPR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return On Assets (ROA) PT. Bank Victoria Syariah periode 2016-2018

Amelia, Rika (2020) Analisis pengaruh Investing Policy Ratio (IPR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return On Assets (ROA) PT. Bank Victoria Syariah periode 2016-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Rasio profitabilitas merupakan rasio keuangan yang jadi perhatian utama bagi setiap perusahaan. Banyak faktor yang mempengaruhi rasio profitabilitas salah satunya rasio likuiditas. Berdasarkan teori terjadi trade off antara rasio likuiditas dengan rasio profitabilitas. Saat likuiditas naik maka profitabilitas akan menurun, begitupun sebaliknya. Dalam penelitian ini rasio likuiditas yang digunakan adalah Quick Ratio (QR) dan Investing Policy Ratio (IPR), dan Return On Assets (ROA) sebagai rasio profitabilitas. Hanya saja dalam beberapa periode di PT. Bank Victoria Syariah terdapat ketidaksesuaian data dengan teori antara likuiditas dengan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Investing Policy Ratio (IPR) terhadap Return on Assets (ROA), 2) Pengaruh Quick Ratio (QR) terhadap Return on Assets (ROA), 3) Pengaruh Investing Policy Ratio (IPR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return on Assets (ROA) PT. Bank Victoria Syariah periode 2016-2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode ini terdiri dari analisis data, uji asumsi klasik, dan secara parsial menggunakan analisis regresi sederhana, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji t. Adapun secara simultan menggunakan analisis regresi berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, uji F, angka baku, dan uji t test. Penelitian ini didukung dengan SPSS Statistic Versi 2.0 dan Microsoft Excel 2013 sebagai penunjang pengelolaan data awal. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder laporan keuangan yang di publikasi PT. Bank Victoria Syariah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Investing Policy Ratio (IPR) secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 18,1% kemudian hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung < ttabel dengan nilai 1,408 < 2,262 maka H0 diterima dan Ha ditolak, 2) Quick Ratio (QR) secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,027% dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung < ttabel dengan nilai 0,049 < 2,262 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak, dan 3) Secara simultan Investing Policy Ratio (IPR) dan Quick Ratio (QR) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 24,2% dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan Fhitung < Ftabel dengan nilai 1,275 < 4,46 maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: investing policy ratio (IPR); quick ratio (QR); return on assets (ROA)
Subjects: Administration of Economy
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rika amelia Amelia
Date Deposited: 09 Jul 2020 04:27
Last Modified: 09 Jul 2020 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31555

Actions (login required)

View Item View Item