Penerapan Critical Incident (pengalaman penting) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SMK BINA MANDIRI Sukahening Tasikmalaya

Rostini, Ai Tini (2019) Penerapan Critical Incident (pengalaman penting) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SMK BINA MANDIRI Sukahening Tasikmalaya. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di SMK Bina Mandiri terdapat beberapa hal kesenjangan terkait dengan menurunnya motivasi siswa. Kenyataan menunjukan bahwa banyak siswa tidak masuk sekolah tanpa keterangan, membolos pada jam sekolah, sering terlambat masuk sekolah, malas baca buku, tidak mau presentasi dan malas bertanya dalam diskusi dan jarang mengerjakan PR yang diberikan guru dan prestasinya dibawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi Critical Incident, motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi Critical Incident, terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah serta terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Acuan teori yang dipakai dalam penelitian ini menurut wina Sanjaya bahwa pengalaman penting adalah satu cara yang digunakan untuk mengumpulkan pengamatan langsung perilaku manusia secara kritis dan prosedural yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Mix-method, yaitu penelitian yang memadukan atau mengkombinasikan penelitian kualitatif dan kuantitatif atau penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian fenomena yang berbentuk angka-angka dan pemaparan. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan adalah melalui angket, wawancara kemudian didukung oleh observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa: 1) Strategi Critical Incident (Pengalaman Penting) adalah suatu strategi yang mana siswa harus mengingat dalam pengalaman masa lalunya yang menarik dan berhubungan serta berkaitan dengan pokok bahasan yang akan di sampaikan 2) Penerapan Critical Incident pada mata pelajaran PAI terlaksana sesuai dengan semua tahapan yang harus dilalui Critical Incident cocok diterapkan, karena mampu meningkatkan motivasi, sehingga hasil belajar siswa ikut meningkat 3) Motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi Critical Incident yaitu kelas kontrol mengalami peningktana rata-rata 56%, kelas eksperimen mengalami peningkatan 67%, 4) Hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan Critical Incident pada mata pelajaran PAI materi Pemulasaraan Jenazah yaitu kelas kontrol mengalami peningkatan rata-rata sebesar 36.7% kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata 46.7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Critical Incident (pengalaman penting); Motivasi dan Hasil Belajar Siswa; PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 02 Jul 2020 01:52
Last Modified: 13 Jan 2022 08:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31568

Actions (login required)

View Item View Item