Pengaruh aset tetap dan aset pajak tangguhan terhadap jumlah aset tidak lancar pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI): Studi Kasus PT. Elnusa Tbk Periode 2009-2018

Julianto, Fahmi (2020) Pengaruh aset tetap dan aset pajak tangguhan terhadap jumlah aset tidak lancar pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI): Studi Kasus PT. Elnusa Tbk Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy

Abstract

Setiap perusahaan memiliki harta atau aset yang berfungsi untuk mendukung kegiatan usahanya. Pada dasarnya aset tetap adalah harta perusahaan yang memiliki nilai materiilnya dibandingkan bentuk harta lainnya. Aset tetap juga disusutkan dengan memakai harga perolehan aset kemudian dibebankan pada periode-periode masa penggunaannya. Investasi yang tertanam pada aset tetap cukup besar nilainya, sehingga mutlak diperlakukan pengelolaan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh secara parsial Aset Tetap terhadap Jumlah Aset Tidak Lancar, berapa besar pengaruh secara parsial Aset Pajak Tangguhan terhadap Jumlah Aset Tidak Lancar, dan seberapa besar pengaruh Aset Tetap dan Aset Pajak Tangguhan secara simultan terhadap Jumlah Aset Tidak Lancar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari website resmi PT. Elnusa, Tbk. selama sepuluh tahun pada periode 2009-2018. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif (analisis regresi, analisis korelasi, analisis determinasi, uji t, uji F). Dengan didukung pula oleh program SPSS For Windows Versi 20,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aset Tetap secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Jumlah Aset Tidak Lancar dibuktikan oleh hasil uji t serta besar koefisien determinasi sebesar 61,3%. Aset Pajak Tangguhan secara parsial tidak berpengaruh terhadap Jumlah Aset Tidak Lancar yang dibuktikan oleh uji t serta besar koefisien determinasi sebesar 11,8%. Secara simultan Aset Tetap dan Aset Pajak Tangguhan terdapat pengaruh terhadap Jumlah Aset Tidak Lancar pada PT. Elnusa, Tbk Periode 2009-2018 yang dibuktikan oleh uji F serta koefisien determinasi sebesar 63,6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aset Tetap; Aset Pajak Tangguhan; Jumlah Aset Tidak Lancar.
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Fahmi Julianto
Date Deposited: 17 Sep 2020 06:38
Last Modified: 17 Sep 2020 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31580

Actions (login required)

View Item View Item