Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) terhadap harga saham pada pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Periode 2009-2018

Qornie, Hiya Auliya (2020) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) terhadap harga saham pada pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Keputusan penting yang dihadapi seorang investor dalam memutuskan untuk menyertakan modal pada perusahaan adalah dapat memilih perusahaan yang tepat. Karena kondisi pasar saham yang tidak menentu, maka dapat mengunakan analisis rasio pasar yang dapat membantu investor untuk menentukan perusahaan yang akan dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) baik secara parsial maupun simultan terhadap Harga Saham.Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah jika Earning Per Share dan Dividend Per Share tinngi maka harga saham akan semakin tinggi pula. Kedua rasio pasar tersebut menjadi salah satu acuan bagi para investor dalam membeli saham, jika kedua rasio tersebut tinggi nilai nya maka akan meningkatkan minat investor untuk membeli saham yang kemudian akan berpengaruh terhadap meningkatnya harga saham. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah dengan metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website resmi PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. yang berupa Annual Report periode 2009-2018. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik deskriptif, analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM), analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t dan uji f). Berdasarkan hasil penelitian secara parsial Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. periode 2009-2018. Dengan hasil pengujian uji t di peroleh thitung > ttabel (3,340 > 2,306). Besar kontribusi Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham ialah sebesar 58,25%. Dividend Per Share (DPS) secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Harga Saham. Dengan hasil pengujian hipotesis uji t, yang menghasilkan thitung < ttabel (0,710 < 2,306). Besar kontribusi Dividend Per Share (DPS) terhadap Harga Saham ialah sebesar 5,93%. Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham. Dengan hasil uji hipotesis (uji F) di peroleh nilai Fhitung > Ftabel (5,367 > 4.74). Besar kontribusi Earning Per Share (EPS) dan Dividend Per Share (DPS) terhadap Harga Saham ialah sebesar 60,526% sedangkan 39,474% nya di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share; Dividend Per Share; Harga Saham;
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: hiya auliya qornie
Date Deposited: 16 Jul 2020 02:49
Last Modified: 16 Jul 2020 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31603

Actions (login required)

View Item View Item