Tinjauan hukum ekonomi syari'ah terhadap praktik lelang berbasis online di platform sosial media instagram: online auction

Fadhilah, Atina (2020) Tinjauan hukum ekonomi syari'ah terhadap praktik lelang berbasis online di platform sosial media instagram: online auction. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini jual beli online menjadi trend di Indonesia. Karena pesatnya perkembangan teknologi juga, jual beli online tidak hanya berlangsung melalui situs situs yang sudah ada, tetapi juga melalui jejaring sosial. Beberapa jejaring sosial sangat mungkin untuk dijadikan media bertransaksi jual beli. Salah satu jejaring sosial yang umum digunakan untuk melakukan transaksi jual beli online adalah Instagram. Instagram merupakan jejaring sosial yang umum digunakan sebagai tempatbertransaksi jual beli online, termasuk jual beli online dengan sistem lelang. Instagram juga memungkinkan untuk melakukan sistem jual beli online dengan cara lelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) praktik lelang berbasis online di sosial Media Instagram, (2) permasalahan yang terjadi di dalamnya, dan (3) tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah terhadap praktik lelang onlinetersebut. Penelitian ini bermanfaat sebagai referensi atau sumber informasi bagi orang yang ingin tahu tentang praktik lelang berbasis online di sosial Media Instagram. Penelitian ini juga bermanfaat dalam hal bisnis online, terutama mengenai pandangan Hukum Ekonomi Syari’ah terhadap praktik lelang online ini. Dalam Hukum Ekonomi Syari’ah, jual beli dengan sistem lelang lebih dikenal dengan nama jual beli muzayyadah. Dalam praktik akad jual beli, terdapat beberapa rukun dan syarat yang harus dipenuhi. Dalam Hukum Ekonomi Syari’ah juga dijelaskan mengenai rukun dan syarat jual beli lelang, serta hal-hal yang dilarang dalam jual beli dan lelang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan fenomena yang terjadi pada masa kini, sebagaimana mekanisme lelang berbasis online di sosial Media Instagram. Sumber data yang digunakan adalah pelaku lelang online di Instagram, buku-buku, jurnal maupun artikel yang sudah ada dan berkaitan dengan masalah yang diteliti, utamanya tentang jual beli. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan cara menyeleksi data, mengelompokkan, menghubungkan satu sama lainnya, menginterpretasikan, menghubungkan data dengan teori, dan menyimpulkan. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) praktik lelang berbasis online di sosial Media Instagram merupakan transaksi jual beli dengan mencari harga penawaran tertinggi, (2) permasalahan yang terjadi dalam praktik lelang berbasis online di sosial Media Instagram adalah adanya penjual yang tidak mengirimkan barang yang dilelang, pembeli melakukan penawaran kemudian kabur, dan penjual yang menawar barang milik sendiri demi menaikkan harga, dan (3) praktik lelang berbasis online telah sesuai dengan Hukum Ekonomi Syari’ah karena lelang merupakan salah satu cara melakukan transaksi jual beli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: auction; instagram; lelang online
Subjects: Private Law
Private Law > Commercial Law
Administration of Economy
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Atina Fadhilah
Date Deposited: 06 Jul 2020 02:16
Last Modified: 06 Jul 2020 02:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31612

Actions (login required)

View Item View Item